VIDEO CONFERENCE PENGADAAN PAKET DATA BANTUAN UNTUK MAHASISWA

Kamis (9/4), Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerja Sama UNY Drs. Setyo Budi Takarina, M.Pd. memimpin jalannya diskusi yang dilaksanakan melalui video conference. Media yang dipakai adalah Cisco Webex Meetings dilaksanakan mulai pukul 11.15-12.20 WIB. Tema video conference ini adalah memastikan prosedur pengadaan paket data untuk mahasiswa sesuai dengan prosedur pengadaan barang/jasa Pemerintah, tidak melanggar peraturan yang berlaku (akuntabel), dan mendapatkan harga yang terbaik. Dengan video conference diharapkan prosedur dan harga dapat djadikan pedoman bagi PTN lain se Indonesia. Untuk itu vicon melibatkan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) dan sejumlah Provider seperti Indosat, Smartfren, dan XL Axiata. Telkomsel tidak dapat bergabung namun pada Vicon kali ini, namun pada Vicon sebelumnya ikut begabung.

Yang diundang untuk bergabung Vicon ini sebenarnya Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dari PTN yang tergabung dalam WA Grup Biro Akademik PTN se-Indonesia, namun yang dapat bergabung hanya UNNES Semarang, UNS Surakarta, ISI Yogyakarta, UPN Veteran Yogyakarta, dan UNY. Hasil pembicaraan Vicon ini akan dishare di WAG Kepala Biro Akademik, sehingga semua PTN dapat melakukan pengadaan bantuan paket data masahasiswa secara akuntabel.

Hasil dari Vicon ini adalah akan segera direalisasikan bantuan paket data untuk mahasiswa dengaan pola: paket data dikirimkan ke nomor HP masing-masing mahasiswa. Tentang besarannya berdasarkan kemampuan masing-masing perguruan tinggi. Agar mahasiswa memperoleh manfaat dari sistem ini, maka penawaran harga dibantu oleh LKPP, diharapkan harganya nasional, di daerah manapun harganya sama untuk besaran paket data yang sama. Pada akhir Vicon ini Drs. Setyo Budi Takarina, M.Pd. menegaskan agar provider segera menuntaskan harga untuk besaran 5GB, 10GB, 15GB, 20GB, 25GB, dan 30GB, Pejabat Pengadaan Barang/Jasa dan PPK masing-masing segera menyiapkan prosesnya agar bantuan paket data segera dapat dinikmaati mahasiswa untuk mendukung study from home (SfH). Budi Takarina juga menegaskan agar tim TI masing-masing PTN memantapkan system dan memandu mahasiswa untuk memanfaatkan paket free 30GB Ilmupedia dari Telkomsel, 30GB dari Indosat, dan 2GB/hari dari XL, sambal menunggu proses bantuan paket data terealisir. Demikian pula kepada mahasiswa untuk segera mendaftarkan nomor HP di: si-c3.uny.ac.id/mhs, agar setelah proses pengadaan clear, nomor HP dapat segera dikirimkan ke provider untuk diisi paket data. (sud)

 

.