Tingkatkan Kualitas Pertanian Serut, KMP UNY Gelar Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik

Lahan pertanian yang luas dan sebagian besar warga yang memiliki hewan ternak, melatarbelakangi Keluarga Mahasiswa Pascasarjana (KMP) UNY untuk melaksanakan pelatihan pembuatan pupuk organik bagi warga Desa Serut Kecamatan Gedangsari Kabupaten Gunung Kidul, DIY. Pelatihan ini dilaksanakan pada Minggu (27/3/2016) di Balai Desa Serut

Pelatihan diawali dengan penjelasan singkat tentang teori pembuatan pupuk oleh 2 narasumber Abdillah Rachman dan Dita Kristanti. Pelatihan ini dilanjutkan dengan praktik pembuatan pupuk secara berkelompok dengan didampingi oleh relawan dari KMP UNY. Pupuk yang dibuat meliputi dua macam, yaitu pupuk cair dan pupuk padat. Adapun bahan utama yang digunakan adalah nasi basi, sisa sayuran yang membusuk, kotoran ternak, gula jawa, serbuk gergaji dan abu gosok. Pelatihan ini mendapatkan respon yang positif dari peserta karena kebermanfaatannya dalam meningkatkan kualitas tanaman melalui pupuk dari bahan-bahan sisa.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Pak Jumiko, perwakilan dari pemerintah Desa Serut. Beliau berharap bahwa warga yang mengikuti pelatihan dapat menerapkan dan mengajarkannya kepada warga yang lain. Selain itu, relawan yang mendampingi warga dalam melakukan praktik pun merasakan pengalaman yang baru. “Saya selaku asisten pembuatan pupuk kompos tersebut merasa sangat bermanfaat, karena dengan acara ini saya bisa menuju akademisi yang memiliki pengetahuan transdisipliner.” ujar Muhammad Ramli dari jurusan Linguistik Terapan.

Kegiatan pelatihan ini diakhiri dengan agenda keakraban pengurus dirangkai dengan pembubaran panitia Pelantikan dan Musyawarah Kerja KMP UNY 2016. Pelatihan pembuatan pupuk ini merupakan agenda terakhir dari rangkaian Bakti Desa KMP UNY yang perdana. “Terimakasih kepada seluruh pihak yang berpartisipasi. Sampai jumpa di kegiatan sosial bulan April 2016”, ujar Anwaril Hamidy selaku korlap.

Bagi civitas akademika yang ingin berpartisipasi dalam bentuk donasi dapat di transfer melalui rekening Bank Mandiri Syariah 7096896508 an Dwinda Nurningsih. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Anwaril Hamidy (081347076592) atau langsung ke sekretariat KMP UNY. (HUMAS KMP UNY)