STUDI BANDING PROGRAM STUDI KEGURUAN IPA FKIP UNILA KE PRODI PIPA PPs. UNY

Pada hari Selasa, 19 Mei 2015 di Aula Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta, sejumlah 32 mahasiswa program studi Keguruan IPA FKIP Universitas Negeri Lampung yang didampingi Wakil Dekan I bidang Akademik Dr. Abdulrrahman, M.Si. serta Ketua Prodi Dr. Tri Jalmo, M.Si. mengadakan studi banding ke prodi PIPA yang diterima oleh Kaprodi Pendidikan IPA PPs. UNY.

Acara studi banding dawali dengan pembukaan dan doa; sambutan “Selamat Datang” dari Kaprodi PIPA PPs. UNY; sambutan dari wakil rombongan oleh Kaprodi Keguruan IPA UNILA; diskusi dan sharing; pertukaran cinderamata; serta diakhiri penutup.

Kaprodi PIPA PPs. UNY Dr. Insih Wilujeng dalam diskusi menjelaskan secara garis besar kurikulum yang berlaku; keunggulan prodi; upaya percepatan kelulusan; dan kegiatan rutin prodi yang melibatkan mahasiswa (seperti studi laboratorium dan seminar nasional rutin tahunan).

Antusias mahasiswa Prodi Keguruan IPA UNILA sangat tinggi terbukti banyak pertanyaan yang diajukan terkait dengan tesis, perkuliahan dan kurikulum. Pertanyaan banyak pula yang berkaitan dengan pelaksanaan Seminar Nasional rutin seperti langkah yang ditempuh dalam kepanitiaan. Mbak Siska, Woro, Yeni, Cacha, Indras, dan Asti wakil dari prodi PIPA menjelaskan banyak hal terkait langkah pelaksanaan Seminar Nasional mulai dari pembentukan panitia inti, pemilihan tema dan sub tema, pembagian tugas, rapat internal dan rapat besar sampai evaluasi di akhir seminar hingga pembentukan panitia inti seminar tahun selanjutnya yang melibatkan adik angkatan.

Acara studi banding berlangsung sampai jam 11, dengan ditindaklanjuti dengan harapan Wakil Dekan I UNILA untuk bisa menjalin Kerjasama antara dua prodi khusunya atau dua instansi umumnya. Semoga awal studi banding ini bisa ditindaklanjuti dengan kerjasama di bidang akademik demi memajukan prodi PIPA di kedua universitas. Amin (Insih Wilujeng)