Seminar Proposal Penelitian Pascasarjana UNY Tahun 2015

PPs UNY menyelenggarakan Seminar Proposal Penelitian Pascasarjana, Jumat – Sabtu, 29-30 Mei 2015 di ruang Aula PPs UNY. Seminar diikuti oleh dosen dan mahasiswa yang melaksanakan penelitian pada tahun 2015 ini.

Penelitian Pascasarjana ini salah satunya adalah penelitian prodi yang diarahkan untuk meningkatkan kompetensi masing-masing dosen dan sesuai dengan tema payung penelitian, dengan kluster penelitian yang telah ditetapkan tiap prodi. Penelitian tersebut dapat berupa terapan dan pengembangan ilmu sesuai prodi terkait dengan mempertimbangkan keterbaharuan, kebermanfaatan, dan inovatif serta dapat diaplikasikan dalam dunia pendidikan yang nyata melalui PPM.

Dalam acara ini terdapat 37 judul penelitian yang dipresentasikan dengan melibatkan 6 dosen pembahas. Pada hari pertama, dipaparkan 19 judul penelitian dengan 3 orang pembahas yaitu Prof. Sukirno, Ph.D., Prof. Dr. Indyah Sulistyo Arty, MS., dan Prof. Dr. Tomoliyus, MS.

Dengan dipandu oleh tiga orang moderator yaitu Dr. Dimyati, Dr. Teguh Setiawan, dan Dr. Nuchron, para peneliti menyampaikan ringkasan proposal penelitiannya mulai dari latar belakang, rumusan masalah, tujuan, manfaat, dan metode penelitian. Selain itu, disampaikan juga pertanyaan penelitian, jadwal penelitian, tinjauan pustaka, dan daftar pustaka serta instrumen sebagai bahan pengambilan data.

Pada hari kedua, 18 judul menyusul dipresentasikan di hadapan peserta dan pembahas. Kesempatan kedua ini menghadirkan Prof. Dr. C. Asri Budiningsih, Prof. Dr. Sudji Munadi, M.Pd., dan Prof. Dr. Herminarto Sofyan, M.Pd. sebagai pembahas.

Seminar dilakukan secara panel. Secara bergiliran peneliti mempresentasikan proposalnya, lalu satu per satu disampaikan masukan/komentar dari pembahas dan peserta peneliti yang lain. Masukan tersebut sangat bermanfaat guna menyempurnakan proposal sehingga penelitian bisa segera dilaksanakan mulai bulan Juni hingga Oktober 2015. (Rubiman)