SEMINAR NASIONAL IKA UNY: MENYONGSONG IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

Pada 2006 dunia pendidikan Indonesia dikenalkan dengan penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kurikulum ini merupakan penyempurnaan dari kurikulum-kurikulum sebelumnya, terutama Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) plus peminatan siswa. Selanjutnya untuk menjawab tantangan dan tuntutan zaman yang serba cepat, serta pentingnya penerapan pendidikan karakter pada subjek didik, pemerintah memberlakukan Kurikulum 2013.

Meskipun diterapkan secara bertahap, Kurikulum 2013 ini berdampak pada berbagai upaya persiapan yang harus dilakukan berbagai pihak, antara lain: tersusun dan disahkannya naskah penyempurnaan kurikulum yang utuh, sosialisasi naskah kurikulum yang sudah disahkan, kesiapan dinas pendidikan daerah menyongsong kurikulum 2013, kesiapan kepala sekolah dalam mengelola penyelenggaraan pendidikan dalam satuan pendidikan, kesiapan guru mata pelajaran dalam melaksanakan pembelajaran yang mendidik, kesiapan guru bimbingan dan konseling yang memandirikan, dan kesiapan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) menyiapkan lulusan siap melaksanakan tugas Kurikulum 2013.

Untuk mensosialisaikan impelentasi Kurikulum 2013 kepada masyarakat yang peduli terhadap pendidikan, Dewan Pengurus Pusat Ikatan Alumni Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan seminar nasional pada tanggal 27 April 2013 dengan pembicara sbb:

  1. Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, M.S. (Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bidang Pendidikan sebagai Keynote Speakerr)
  2. Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. (Kepala Badan Pengembangan SDM Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kemdikbud)
  3. Prof. Dr. Sulistiyo, M.Pd. (Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia)
  4. Prof. Dr. Udin S. Winataputra, M.A. (Dosen UPI, Tim Penyusun Kurikulum 2013).

Bagi yang berminat dapat mendaftarkan diri sebagai pemakalah atau peserta di Sekretariat Panitia, Kantor IKA UNY, Kompleks Kampus UNY Karangmalang, Yogyakarta. Telp./Fax: 0274 552060.  Subtema makalah pendamping adalah:

  1. Kebijakan Implementasi Kurikulum 2013
  2. Kesiapan pendidik dalam implementasi kurikulum 2013
  3. Pengembangan Strategi pembelajaran dalam implementasi kurikulum 2013
  4. Penyiapan pendidik melalui LPTK untuk implementasi kurikulum 2013

Pendaftaran mulai tanggal 15 Maret s.d. 15 April 2013 dan ditutup jika kuota peserta sudah mencapai 300 orang. Biaya pendaftaran sbb:

  1. Umum : Rp. 150.000,-
  2. b. Alumni UNY : Rp. 125.000,- ( harus menunjukkan kartu IKAUNY)
  3. Mahasiswa (S1) : Rp. 100.000,-

Sepuluh (10) mahasiswa PPS UNY dapat mendaftar melalui pengurus AAM PPs UNY secara gratis. Sepuluh (10) mahasiswa PPS UNY yang mendapat gratisan pendaftaran akan diumumkan kemudian. Daftarkan sekarang dengan memberi informasi nama, NIM, dan Prodi ke samsul_hd@uny.ac.id. Informasi lengkap mengenai seminar tersebut dapat diunduh DI SINI.