Seminar Esai Mata Kuliah Second Language Acquisition (SLA) PBI PPs UNY

Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana (PPs) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) 2015 kelas A menyelenggarakan seminar esai mata kuliah Second Language Acquisition (SLA) yang diampu oleh Ibu Pangesti Wiedarti, Ph.D. Seminar tersebut merupakan tugas akhir semester yang diberikan oleh Ibu Pangesti sebagai dosen SLA  kelas PBI A dengan masing-masing mahasiswa mengumpulkan esai yang bertema Individual Differences in L2 Learning dan Social Dimension in L2 Learning dan terpilih 6 mahasiswa yang akan mempresentasikan esai yang telah diseleksi.

Seminar Esai diselenggarakan di Aula PPs UNY pada hari Selasa 23 Desember 2015 pukul 10.15 – 13.00 WIB dan dibagi menjadi 2 sesi yang dimoderatori oleh mahasiswi Ditta Mustika R , Dian Firdha Utami serta Agtus Leonard Larope.

Seminar esai dibuka oleh Ibu Pangesti selaku dosen pengampu dengan memberikan pengarahan serta mengumumkan secara langsung 6 presenter yang akan menampilkan hasil tulisannya dari 19 mahasiswa yang hadir pada pertemuan itu. Pada sesi pertama seminar tersebut disampaikan oleh Asma Kurnia dan Istiqomah dengan masing-masing esai berjudul Individual Differences in Second Language Acquisition (Asma) dan Affect ,Cognition, and Conation in Second Language Learning (Isti). Pada sesi kedua dimoderatori oleh Dian Firdha Utami dan presentasi disampaikan oleh mahasiswa asal Luar Negeri yaitu Dominique Savio dan Muhammad Subhan Fikri mahasiswa asal Kalimantan Selatan. Esai yang mereka sampaikan berjudul Social Dimension in L2 Learning oleh Dominique dan  L2 Learning is Never Just About Language : Drowning into Vygotsky’s Theory About the Social Dimensions of L2 Learning oleh Subhan. Sesi ketiga, dimoderatori oleh Agtus Leonard Larope dan pemateri esai disampaikan oleh Muhammad Zuhri Anshari dan Siti Muthi’ah Rachman Esai dari kedua pemateri adalah STAD: An Alternative Way to Accomodate the Students Differences and the Social Dimension in L2 Learning oleh Zuhri dan Individual Different Strategies in Learning Second Language oleh Muthi’. Pada setiap sesi diadakan tanya-jawab oleh para mahasiswa dan presenter.

Seminar berlangsung sangat antusias dengan adanya pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh beberapa mahasiswa di setiap presentasi. Menurut Alfi, kegiatan perkuliahan semacam ini perlu diadakan kembali untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mempresentasikan hasil pikiran dan tulisan mereka kepada publik. Selain itu, Riska sebagai peserta dalam seminar itu juga menyatakan bahwa acara tersebut dapat meningkatkan keseriusan mahasiswa dalam mengerjakan tugas serta dapat melatih percaya diri berbicara di depan publik. Harapannya acara tersebut dapat  diselenggarakan kembali dan tidak hanya untuk kelas A saja, namun bisa mengundang kelas lain agar kuliah semakin berkesan, tidak monoton di dalam kelas dan hasil tulisan atau ide yang baik dapat menjadi inspirasi untuk mahasiswa lainnya.

Presentasi diakhiri dengan foto bersama serta ditutup oleh Ibu Pangesti. Beliau sangat mengapresiasi kegiatan presentasi esai yang disampaikan oleh keenam mahasiswa, serta mahasiswa yang telah memberikan pertanyaan-pertanyaan. Beliau berpesan kepada mahasiswa untuk mengikuti acara semacam ini di luar kuliah seperti seminar Internasional ataupun presentasi paper lainnya yang diadakan oleh berbagai institusi tentang pembelajaran Bahasa Inggris atau SLA. (Khusnul/Muti’)