Sebanyak 623 Calon Mahasiswa Baru Mengikuti Ujian Masuk Gel. II PPs UNY

Sebanyak 623 calon mahasiswa baru mengikuti Ujian Masuk yang diselenggarakan oleh Program Pascasarjana UNY pada tanggal 12 April 2015. Pendaftar pada jenjang magister sebanyak 581 orang dan jenjang doktor sebanyak 42 orang. Jumlah itu meningkat jika dibandingkan total pendaftar pada gelombang I, yaitu 576 orang.

Program studi Magister Pendidikan Matematika masih menjadi program studi yang paling banyak diminati oleh para pendaftar, yaitu sekitar 102 orang. Hal demikian juga terjadi pada program studi Doktor Ilmu Pendidikan. Sebanyak 20 pendaftar bersaing ketat pada ujian gelombang ke-2 ini. Dibukanya beberapa minat konsentrasi bidang studi pada program Doktor Ilmu Pendidikan menjadikan program studi ini banyak diminati oleh para pendaftar dengan latar belakang S2 yang bervariasi.

Jenis tes yang diujikan pada gelombang ke-2 ini sama dengan gelombang I, yaitu tes tulis yang meliputi tes potensi akademik (TPA) dan tes bahasa inggris. Sedangkan, untuk jenjang S3 ditambah dengan sesi wawancara yang dimaskudkan sebagai bekal pemantapan diri kelak dalam menempuh dan penyelesaian studi.

Semakin ketatnya seleksi mahasiswa pada semua jenjang diharapkan dapat semakin meningkatkan mutu input dan output mahasiswa. Tentu saja, hal tersebut menuntut peningkatan proses pembelajaran, kualitas dosen, dan sarana yang semakin baik dari Program Pascasarjana UNY.

Pengumuman kelulusan untuk gelombang ke-2 ini akan diumumkan kurang lebih 2 minggu setelah pelaksanaan ujian masuk. Dengan telah digunakan LJK (lembar jawab komputer) pada sistem ujiannya, harapannya sistem koreksi akan dilakukan lebih cepat dengan menggunakan mesin koreksi LJK sehingga hasil tes dapat diumumkan lebih awal.

Sebanyak 371 pendaftar dari total 576 pendaftar berhasil lulus pada tes gelombang I. Bagi pendaftar yang belum berhasil lulus pada ujian gelombang II, dapat mengikuti tes pada gelombang terakhir, yaitu gelombang III yang pendaftarannya dibuka pada tanggal 14 April – 5 Juni 2015. Info lebih lengkap dapat langsung mengunjungi laman berikut: http://pps.uny.ac.id/maba-reguler. (adr)