SAAT MAHASISWA KNB 2013 MENGENAL LEBIH DEKAT YOGYAKARTA

Masa awal belajar di Indonesia, merupakan waktu yang tepat untuk memperdalam bahasa, budaya, dan lingkungan Indonesia, khususnya Yogyakarta. Melalui program ekskursi budaya, mahasiswa KNB mendapatkan pengalaman untuk mengunjungi beberapa tempat yang berada di Yogyakarta.

Diawali dengan kunjungan ke Bank Sampah di Dusun Badegan, Kabupaten Bantul pada awal Februari 2014, mahasiswa KNB 2013 belajar bagaimana cara mengelola sampah berbasis sumber daya masyarakat. Pengelolaan sampah melalui program Bank Sampah menjadi hal baru bagi mereka. Gebrakan ini pula yang menginspirasi mereka untuk lebih menyadari potensi positif dari sampah. Tidak hanya dibuang, ternyata sampah juga dapat dijadikan bahan dasar produk yang benilai jual. Hal terpenting dari kunjungan tersebut adalah mereka menemukan semangat yang besar masyarakat Dusun Badegan untuk menjadikan sampah lebih berarti.

Sebagai selingan, mahasiswa KNB berkesempatan mengunjungi beberapa lokasi yang biasanya menjadi destinasi wisata. Untuk wisata keluarga, mereka mengunjungi Kebun Binatang Gembira Loka. Sementara itu, untuk wisata sejarah dan edukasi, mereka juga mengunjungi museum Affandi, Benteng Vederburg, Taman Pintar, Tugu Jogja, dan Museum 3 Dimensi. Belum lengkap rasanya jika mereka tidak mengunjungi Malioboro. Melalui agenda lari pagi bersama, mereka mengeksplorasi sudut-sudut Malioboro dengan berjalan kaki. Mereka memasuki area gedung DPRD Kota Yogyakarta. Lari pagi lebih nikmat ketika mereka berhenti dan menyantap soto ayam dan teh manis.

Melalui program ekskursi budaya, mahasiswa KNB mendapatkan manfaat berupa pengalaman yang akan membuat mereka lebih mengenal lingkungan dan budaya di Yogyakarta. Selamat datang di Jogja dan selamat belajar di UNY, teman-teman! [UMAR]