Refreshing publikasi bagi dosen Pascasarjana UNY

Pada Jumat (9/11) Bagian Publikasi Pascasarjana UNY  menyelenggarakan Seminar “Refreshing publikasi bagi dosen Pascasarjana UNY”. Kegiatan  diagendakan bagian publikasi untuk  meningkatkan kapasitas mahasiswa dan dosen. Kemampuan menulis karya ilmiah sangat penting untuk mendukung program pascasarjana, yang dituntut untuk dapat menghasilkan jurnal ilmiah sebagai persyaratan kelulusan Program Pascasarjana di UNY.

Seminar ini dibuka langsung oleh Direktur Program Pascasarjana UNY Prof. Dr. Marsigit, M.A., dihadiri  Wakil Direktur I Dr. Sugito dan para dosen rumpun sosial, pendidikan dan humaniora. Seminar ini menghadirkan pembicara yaitu Ely Susanto, Ph.D. Ketua Program Studi S2 Manajeman dan Kebijakan Publik UGM, bertindak sebagai moderator Mohammad Adam Jerusalem, Ph.D.

Ely Susanto, Ph.D., menyampaikan 3 hal terkait publikasi yaitu tips, redactory dan bimbingan. Dalam paparannya beliau menyampaikan tips dan strategi publikasi di jurnal ber-impact factor berdasarkan pengamalan dan track record beliau dalam dunia kepenulisan ilmiah diantaranya kriteria top tier jurnal, kriteria good paper serta tips umum yaitu memilih topik yang diminati, maksudnya topik harus relevan dengan kekinian dan masa depan, mereview topik di top tier journal terbitan 5 tahun terakhir, diskusi dengan praktisi terkait dengan topic, mencari partner yang sudah berpengalaman publikasi dijurnal internasional (pembimbing disertasi menjadi key person), selain itu beliau juga menyampaikan tips penulisan manuscript, memilih jurnal yang akan ditarget, serta respon terhadap reviewer.
Dengan adanya seminar ini harapannya dosen dapat membantu membimbing mahasiswa sampai ke publikasi, sehingga mahasiswa dapat lulus tepat waktu. (Sri Hidayati).