PROGRAM KOMPUTER BARU DI LAB. KOMPUTER PPS

Untuk menunjuang pembelajaran dan penelitian mahasiswa PPs UNY, PPs UNY telah membeli program BILOG, MULTILOG, PARSCALE, TESFACT, LISREL 8.80, dan Conquest under windows secara resmi. Kecuali Conquest, program-program tersebut telah diinstal di Lab. Komputer PPS UNY. Selain kelima program tersebut, juga telah diinstal program R 2.9.0.

Program BILOG dapat digunakan untuk analisis butir dikotomus 1 - 3 PL, MULTILOG dan PRSCALE untuk butir dikotomus 1 - 3 PL dan politomus, TESFACT untuk analisis tes secara klasik, test scoring, analisis faktor inter-item korelasi tetrakorik, modern analisis faktor berdasarkan IRT, dan simulasi respons butir. LISREL dapat digunakan untuk analisis faktor konfirmatori, pengujian model persamaan struktural, dan analisis jalur, R yang open source dapat digunakan untuk semua analisis tersebut, sedangkan Conquest dapat digunakan untuk analisis butir berdasarkan Rasch Model.

Anda ingin mencoba kehebatan program-program tersebut? Silakan datang di Lab. Komputer PPs UNY. Tapi ingat, untuk menghargai hak cipta, Anda dilarang mengkopi program-program tersebut, kecuali program R yang open source.