PRODI PIPS S2 PPs UNY KUNJUNGI MALAYA UNIVERSITY KUALA LUMPUR

Mahasiswa S2 Pendiidkan Ilmu Pengetahuan Sosial PPs UNY angkatan 2013 pada tanggal 20-22 Januari 2015 melakukan studi banding dan studi observasi ke Malaya University di Malaysia.  Mahasiswa yang berjumlah 15 orang dengan ketua rombongan FX. Agus Hariyanto, didampingi 2 dosen  PPs UNY yaitu Dr. Taat Wulandari dan Dr. Aman.  Tujuan studi banding dan studi observasi menambah pengetahuan dan wawasan tentang sistem pendidikan di Malaysia dalam bidang Pendidikan IPS, menambah pengetahuan dan  pengalaman observasi pada ekonomi, sosial budaya masyarakat Malaysia.

Selain studi banding di Malaya University, mahasiswa PIPS melakukan studi observasi yang ada kaitannya dengan geografi, ekonomi maupun sosialnya di negara Malaysia. Tampat yang dikunjungi antara lain pabrik coklat, tempat pembuatan kerajian  kulit,  kawasan pasar China Town, kawasan Genting, kawasan menara Kuala Lumpur, Wihara Budha, dan Istana negara. PIPS mempunyai konsentrasi Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Geografi, Pendidikan Kewarganegaraan, dan  Pendidikan IPS Terpadu maka tempat tempat yang dikunjungi juga saling mengaitkan disiplin ilmu  Ilmu Pengetahuan Sosial. Studi observasi ini memadukan disiplin ilmu sehingga dari observasi di lapangan sangat bermanfaat untuk mengaitkan teori dan praktiknya sehingga mendapat kajian langsung dari lapangan di Malaysia.

Dari studi banding dan studi observasi mahasiswa menjadi lebih semakin mengetahui tentang jurnal-jurnal online dari Malaya University sebagai referensi keilmuan pada bidangnya. Journal Online yang bisa diakses seperti Malaysian Online Journal of Education Sciences di http://moj-es.net/ , Malaysian Online Journal of Education Technology di http://mojet.net/, Journal Kurikulum & Pengajaran Asia Pasifik di http://juku.um.edu.my/, Online Journal of Islamic Education di http://ojie.um.edu.my/, Malaysian Online Journal of Counseling di http://e-journal.um.edu.my/publish/MOJC/. Journal Online tersebut dapat memperkaya referensi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Studi banding dan studi obseravasi juga di beberapa tempat di Malaysia ini dapat menambah pengalaman, pemahaman, dan pengetahuan tentang keadaan geografinya, perekonomian, sosial  dan budaya di Malaysia. Pengalaman merupakan guru yang berharga dan dapat  sebagai bekal dalam  mengisi kehidupan tertama di bidang pendidikan. (FX. Agus Hariyanto)