Prodi Dikdas PPs UNY Gelar Workshop Penyusunan Silabus

Perkembangan ilmu pengetahuan harus direspon secara berkelanjutan, terutama dalam dunia teaching and learning sehingga perlu adanya kegiatan pembelajaran yang berkualitas dan up to date. Hal tersebut tentunya harus diawali dengan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang baik pula.

Perencanaan sebagai komponen keberhasilan pembelajaran merupakan penjabaran sutau konsep ilmu pengetahuan dan kompetensi yang harus dikuasai mahasiswa. Ketika ilmu pengetahuan dan teknologi mengalami perkembangan pesat konsekuensinya adalah bagaimana konsep pengetahuan tersebut dapat tersampaikan kepada mahasiswa secara tepat. Oleh karena itu, perlu adanya pemutakhiran perangkat pembelajaran berupa deskripsi dan silabus mata kuliah prodi Dikdas sebagai respon terhadap perkembangan ilmu itu sendiri.

Setelah melakukan peninjauan berupa evaluasi dan pengembangan kurikulum prodi, pengelola prodi Dikdas menindaklanjuti dengan kegiatan berupa Workshop Deskripsi dan Silabus Mata Kuliah Semester Gasal dan Genap Prodi Dikas PPs UNY. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Jumat, 13 Juni 2014 tersebut diikuti oleh seluruh dosen pengajar S2 Dikdas PPs UNY sejumlah 37 orang.

Kegiatan ini dibuka oleh kaprodi Dikas, Dr. Muhammad Nur Wangid, M.Si. Selanjutnya diberikan pengarahan berkaitan dengan penyusunan deskripsi dan silabus mata kuliah prodi yang akan diselenggarakan pada TA 2014/2015. Selain itu, perlunya dicermati kurikulum yang sudah berjalan masih perlu atau tidak untuk dilaksanakan berkaitan dengan  Kurikulum 2013 dan KKNI.

Selanjutnya peserta dibagi ke dalam beberapa kelompok berdasarkan rumpun mata kuliah antara lain mata kuliah wajib PPs UNY, mata kuliah wajib prodi, mata kuliah pilihan, dan mata kuliah konsentrasi.
Dari penyusunan deskripsi mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu memahami tujuan adanya mata kuliah tertentu, kompetensi yang dihasilkan, dan referensi yang dibutuhkan. Sedangkan dengan adanya silabus proses pembelajaran dapat terlaksana dengan sistematis, materi dapat tersampaikan dan kompetensi peserta didik dapat tercapai. (Rb)