PPs UNY Sharing Pengalaman Kepada PPs UNSIL Siliwangi

Perubahan status perguruan tinggi swasta ke negeri memberikan konsekuensi manajemen berbagai aspek. Begitu juga yang dialami Universitas Siliwangi (UNSIL) yang belum lama ini naik statusnya menjadi perguruan tinggi negeri. Untuk itulah, pimpinan Pascasarjana Universitas Siliwangi (PPs UNSIL) melakukan kunjungan ke Program Pascasarjana UNY untuk mempelajari berbagai bidang yang akan dilaksanakan.

Pada hari Selasa, 27 Oktober 2015 rombongan PPs UNSIL diterima oleh Direktur, Asdir I, Asdi II, dan Kasubag TU PPs UNY. Rombongan tersebut terdiri atas Dr. H. Budy Rahmat (Direktur), Dr. Apip Supriadi, S.E., M.Si. (Wakil Direktur I), Dr. Hj. Nani Ratnanningsih (Wakil Direktur II), Dr. Endang Surahman, Dr. Ir. Dedi Sufyadi, dan Ida Daliati Komir, M.Pd. (Ka TU).

Mewakili tamu, Dr. Budy Rahmat mengucapkan terima kasih atas sambutan dan berkenannya pimpinan PPs UNY menerima kunjungan ini. Selanjutnya, dalam pertemuan ini pengelola PPs UNSIL ingin menggali informasi dan sharing pengalaman berkaitan dengan struktur organisasi, manajemen jurnal, mekanisme akreditasi prodi, dan bidang akademik lainnya. “Kami ingin belajar dari senior yang telah banyak makan garam dalam berbagai bidang akademik dari PPs UNY. Mohon kami bisa mendapatkan informasi dari sini, mungkin sedikit banyak bisa kami terapkan pada instansi kami sehingga bisa menyusul ketertinggalan kami. Perlu diketahui bahwa belum lama institusi kami berubah status dari swasta ke negeri, “tutur Direktur PPs UNSIL ini.

Selanjutnya selaku tuan rumah, Prof. Dr. Zuhdan K. Prasetyo, M.Ed. mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kunjungan dari pengelola PPs UNSIL. “Kami merasa terhormat dijadikan rujukan bagi Bapak Ibu semua. Namun, pertemuan ini kami juga mengharapkan menjadi media tukar informasi dan silaturahmi, bersama-sama meningkatkan kualitas pendidikan kita, “sambut Direktur PPs UNY ini.

Sementara itu Asdir I PPs UNY, Prof. Pardjono, Ph.D., Asdir II, Prof. Dr. Muhyadi dibantu Kasubag TU, Sudaryono, S.Pd. mengemukakan bahwa di PPs UNY terdapat bagian yang mengelola Jurnal. Bagian ini bertugas dari menghimpun naskah, edit, hingga penerbitan dan distribusi. Dalam hal pengelolaan program studi sudah ada kebijakan tingkat UNY yaitu dengan adanya Homebase Dosen yang bersinergi dengan Fakultas yang ada. Selain itu, setiap prodi juga telah berjalan tim pengembang yang selalu update informasi dan punya terobosan baru untuk pengembangan prodinya.

Dalam hal akreditasi, PPs UNY telah membentuk tim baik untuk borang institusi maupun program studi. Tim inilah yang bertugas menghimpun informasi dan menyusun borang akreditasi. Setelah melalui beberapa tahapan akhirnya bisa tersusun borang yang siap diajukan ke BAN PT dan selanjutnya akan mendapat penilaian dan visitasi.

Suasana akademik dituangkan dalam buku panduan akademik. Buku ini memuat peraturan akademik, prodi yang diselenggarakan, kurikulum, hingga seluruh dosen pengajar. Selain itu, informasi rekrutmen mahasiswa baru, fasilitas pendukung kuliah, dan beasiswa juga dapat diperoleh dalam buku ini.

Untuk manajemen keuangan dan kegiatan di UNY telah berlaku sistem yaitu Rencana Kegiatan dan Penggaran Terpadu (RKPT). RKPT ini disusun melibatkan seluruh pengelola PPs UNY mulai dari pimpinan, kaprodi, sekprodi, Kasubag TU, dan koordinator bidang. Harapannya kegiatan dapat berjalan secara sistematis dan lancar.

Pertemuan ini berjalan lancar dan diwarnai dengan obrolan santai. Setelah dirasa cukup rombongan tamu berpamitan. Tukar menukar cinderamata dan foto bersama tidak lupa dilakukan guna mengabadikan momen langka seperti ini. (Rubiman).