PPs UNY hadirkan Dr. Siti Salina Mustakim dalam kuliah umum prodi PEP

Jumat, (13/9) Program studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP) selenggarakan kuliah umum sebagai rangkaian dari program visiting professor. Perkuliahan ini dibersamai oleh Dr. Siti Salina Mustakim, dosen Universiti Putra Malaysia yang sudah tidak diragukan lagi kredibilitasnya di bidang penelitian, pengukuran, dan evaluasi. Kuliah umum diselenggarakan di aula lantai 3 gedung Moh. Amien, Pascasarjana UNY.

Dr. Siti Salina Mustakim menyampaikan materi Using Evaluation Models for Research in A Jiffy: What Matters pada perkulian umum pagi itu. Perkuliahan dibuka dengan kutipan tentang definisi model evaluasi dari Alkin and Ellet (1990), bahwa “Evalution models either describe what evaluators do or prescribe what they should do”. Selanjutnya, disampaikan juga backbone dari sebuah evaluasi ialah framework dari model evaluasi yang digunakan. Selain harus sesuai dengan bidang yang dievaluasi, model evaluasi dipilih oleh evaluator berdasarkan kemampuan penguasaan evaluator terhadap suatu model. Sebaiknya evaluator menggunakan model evaluasi yang secara baik dipahami.

Berkaitan dengan evaluasi, Dr. Siti Salina Mustakim menyampaikan bahwa evaluator tidak boleh bias dan prejudice. Selain penyampaian tentang materi evaluasi, Dr. Siti Salina Mustakim juga menyampaikan riset yang pernah dilakukan olehnya. Salah satunya ialah riset yang pernah dilakukan terkait undocumented student di Sabah.

Perkuliahan berjalan dengan suasana sangat hidup. Hal ini disebabkan Dr. Siti Salina Mustakim memperkenankan mahasiswa mengajukan pertanyaan kapan pun, tidak harus menunggu materi selesai disampaikan. Hingga akhirnya terjadi interaksi aktif antara mahasiswa dengan Dr. Siti Salina Mustakim. Tidak sedikit mahasiswa bertanya dan mendiskusikan penelitian yang pernah mereka lakukan ataupun rancangan penelitian yang akan disusun. (riz/ant)

.