PPs UNY Gelar Ujian Masuk Calon Mahasiswa Baru Gelombang I

Di tengah kesibukan kerja bakti membersihkan lingkungan kampus, PPs UNY juga sibuk mempersiapkan ujian masuk gelombang 1. Calon mahasiswa PPs yang terdaftar berjumlah 420 orang dengan rincian 22 untuk jenjang S-3 dan 298 untuk jenjang S-2.

Dikarenakan kondisi lingkungan dan transportasi yang tidak memungkinkan dengan adanya hujan abu vulkanik erupsi gunung Kelud, maka dari jumlah tersebut yang dapat mengikuti ujian tercatat 20 orang untuk S-3 dan 325 untuk jenjang S-2. Bagi calon mahasiswa yang tidak bisa ikut pada ujian gelombang 1 tersebut akan diikutkan pada gelombang ke 2.

Ujian yang dilaksanakan pada hari Minggu, 16 Februari 2014 tersebut, melibatkan pengawas dari Wakil Dekan I tiap fakultas di lingkungan UNY, Sekprodi di lingkungan PPs UNY, pengelola layanan bahasa dan beberapa dosen pengajar di PPs UNY.

Ujian tulis berisi soal pilihan ganda terdiri atas Tes Bakat Akademik dan Tes Bahasa Inggris. Setiap mata ujian calon mahasiswa diberikan waktu 120 menit. Untuk jenjang S-2 hanya mengerjakan ujian tulis saja, tetapi bagi jenjang S-3 ditambah dengan ujian wawancara.

Pelaksanaan ujian masuk kali ini ditinjau langsung oleh rektor UNY, Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A., yang diikuti oleh Wakil Rektor II, Wakil Rektor III, dan Wakil Rektor IV. Dalam tinjauan tersebut, Rektor memberikan pesan agar dalam proses koreksi hasil ujian masuk tersebut pengelola tidak melakukan secara manual akan tetapi dengan sistem computerized. Sistem koreksi ini memakai alat berupa scanner/pemindai yang dimiliki UNY. Harapannya koreksi dapat dilakukan secara mudah, cepat dengan hasil yang akurat. “Dengan sistem computerized hasil ujian dapat segera diumumkan kepada peserta ujian”, tutupnya.

Setelah melaksanakan ujian tulis, calon mahasiswa jenjang S-3 mengikuti ujian wawancara yang dilaksanakan oleh kaprodi masing-masing. Poin yang diujikan dalam wawancara ini antara lain judul disertasi, permasalahan yang diangkat, latar belakang pendidikan S-2, kondisi pekerjaan dan keluarga, kemampuan mengatur waktu dan target penyelesaian studi S-3. Sehingga diharapkan hasil wawancara ini menjadi landasan gerak langkah mahasiswa dalam penyelesaian studi S-3 mereka. (Rb)