PENULISAN SOAL BERFIKIR KRITIS TINGKAT TINGGI MENJADI KEGIATAN PPM S2 PEP

Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) yang diselenggarakan oleh Program Magister Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP) berada di 2 sekolah, yaitu SDN Tukharjo dan SDN Purwoharjo. Kegiatan PPM kali ini berupa pelatihan tentang “Penulisan Soal Berfikir Kritis Tingkat Tinggi, Sikap, dan Pengetahuan berbasis ICT dengan Quiziz” yang dilaksanakan pada Selasa s.d. Rabu, 2 s.d. 3 Agustus 2022.

Kegiatan ini dilakukan di 2 sekolah dan melibatkan guru sekolah berjumlah 23 orang. Pelatihan dimulai dengan sambutan Wakil Direktur Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Pascasarjana UNY dan diterima baik oleh Bapak Dr. Redemtus Hertanto, S.Ag., Kepala SDN Tukharjo, Purwoharjo, Kec. Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo.

Setelah dibuka dilanjutkan pelatihan dengan narasumber Prof Dr Edi Istiyono, M.Si dengan materi “Pembuatan Instrument untuk Guru SD sehingga Bisa Meningkatkan HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) pada Siswa SD”. Kemudian dilanjutkan oleh Dr. Risky Setiawan dengan materi “Penggunaan Wordwall sebagai Media dalam Menerapkan Soal HOTS”. Fungsi dari Wordwall adalah aplikasi berbasis web yang dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran seperti kuis, anagram, acak kata, pencarian kata, mengelompokkan. Sebagai penutup, Bapak Abdul Rahim, M.Pd memberikan pelatihan dengan materi “Penggunaan Website Quiziz sebagai Salah Satu Media yang Bisa Digunakan dalam Memberikan Quiz Atraktif ke Siswa SD”.

Luaran dari kegiatan ini diharapkan Guru SD dapat menyusun soal HOTS pada mata pejaran IPA dengan menggunakan media wordwall maupun quiziz sehingga dapat meningkatkan HOTS Siswa SD dengan menyenangkan. (lal/ant)

.