Penjajakan Kerjasama UNY – UiTM Malaysia

Untuk mewujudkan world class university, PPs UNY selalu memperluas jaringan kerjasamanya dengan instansi luar negeri. Dalam hal ini prodi S2 Pendidikan Seni (PSn) melakukan penjajakan kerjasama dengan Universiti Teknologi MARA (UiTM) Malaysia. Kamis, 15 Oktober 2015 delegasi UiTM berkunjung ke PPs UNY yang diterima langsung oleh Direktur, Prof. Dr. Zuhdan K. Prasetyo, M.Ed. didampingi kaprodi PSn, Prof. Dr. Trie Hartiti Retnowati, yang ditemani Dr. Ayu Niza Mahfauzia, dan Drs. Bambang Prihadi, M.Pd.

“Sebagai pimpinan PPs UNY, kami sangat wellcome atas rencana kerjasama ini. Semoga bisa menjadikan media sharing untuk meningkatkan kualitas pendidikan khususnya bidang seni. Selanjutnya rancangan kerjasama seperti apa silakan dibahas bersama kaprodi PSn beserta dosennya, “ungkap Prof. Zuhdan dalam sambutannya.

Utusan UiTM yang diwakili oleh Badrul Isa, M.A. dan Sumardianshah Bin Silah, M.A. awalnya mengundang dosen PSn untuk mengikuti 2nd International Symposium On Language And Arts Education UiTM-UNY-UPI 2015 (ISOLA 2015). Kegiatan tersebut akan dihelat pada Kamis, 10 Desember 2015 di kampus UiTM Shah Alam, Malaysia.

Dalam pertemuan ini kedua pihak berdiskusi tentang suasana akademik di kampus masing-masing khususnya bidang Seni. Pembelajaran seni di UNY menginduk di Fakultas Bahasa dan Seni yang dilaksanakan ke beberapa jurusan antara lain seni musik, seni tari, seni rupa dan seni kerajinan. Sedangkan di UiTM sudah berkembang bahwa bidang seni sudah berjalan di tingkat fakultas masing seperti Fakultas Musik, Fakultas Film Teater dan Animasi, Fakultas Seni dan Desain.

Selanjutnya hal penting yang dibahas dalam pertemuan ini adalah penjajakan kerjasama dalam bidang akademik. Kerjasama yang akan dirintis antara lain joint research, student exchange, lecturer exchange, dan kerjasama bidang akademik lainnya.

“Kami sangat berharap rancangan MoU segera diselesaikan agar kerjasama ini dapat segera direalisasikan sehingga mahasiswa angkatan pertama ini dapat merasakan dampaknya, “harap  Bu Hartiti selaku kaprodi Pend. Seni. (Rubiman).