Pemetaan Potensi Desa Wisata dan Industri Kreatif di Kalurahan Hargotirto Kulon Progo

Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta tanggal 6-7 Agustus 2022 melakukan pemetaan potensi desa atau kelurahan wisata dalam pengembangan ekonomi kreatif di lokasi dusun Segajih Kalurahan Hargotirto Kulon Progo. Agenda ini adalah wujud tindak lanjut dari FGD bersama dengan Bapak Bupati Kulon Progo pada 24 Januari 2022 implementasi skema penelitian dan pengabdian di Laboratorium Desa Vokasional Kulon Progo. TIM Pascasarjana PPs UNY terdiri oleh Prof. Dr. Putu Sudira, M.P., sebagai Ketua dengan beranggota Prof. Pardjono, Ph.D., Prof. Dr. Moch Bruri Triyono, M.Pd., Septiono Eko Bawono, M.T., Widodo, M.Pd., Yoga Sahria, M.Pd., Nur Kholifah, M.Pd., dan Tinesa Fara Prihandini, S.Pd. Pada pertemuan Focus Group Discussion (FGD) di hadiri oleh pengelola desa wisata, pengelola home stay, pengrajin dan kebudayaan , dan dukuh Segajih.
 
Kegiatan selama dua hari kegiatan difokuskan pada: 1) identifikasi masalah, potensi, solusi pengelolaan pemberdayaan masyarakat dan 2) mengeksplorasi tempat-tempat wisata di dusun Segajih. Permasalahan utama pada pengelolaan desa wisata terletak pada mainset sumber daya manusia untuk terus mengoptimalkan pelayanan program program atraksi yang sudah membudaya. Adapun lainnya butuh pemetaan informasi aktifitas aktiftas masyarakat dikemas dalam bentuk peta digital. Desa wisata segajih menguatkan pada kenangan pulang kerumah simbah dengan branding live in education. Live-in di Desa Segajih menjadi konsep andalan wisata berkelanjutan di Desa Segajih. Pelancong tidak hanya sekedar singgah namun menginap dan belajar beraneka hal mulai dari outbond yang terkoneksi dengan jelajah gunung ke Pule Payung, susur sungai dan berbagai atraksi ekoedukasi. Wisatawan yang tiba di lokasi akan disambut dengan atraksi kesenian gamelan dipadukan dengan tarian.
 
Desa Segajih selalu mengajak masyarakat untuk selalu bersikap optimis. Destinasi wisata budaya dan edukasi tidak akan pernah mati untuk mengasah kreatifitas di tengah akses gadget dan disrupsi teknologi lainnya seperti games dan social media. Tidak ada kata terlambat untuk merawat alam, memperbaiki alam, menebarkan manfaat dan melestarikannya. Akses informasi penting berkunjung di Desa Wisata Segajih bisa memesan home stay melalui marketplace, melihatinformasi melalui media social Traveloka, Agoda, dll.
 
Oleh karenanya hadirnya Pascasarjana UNY untuk memperkuat yang holistic mulai dari meningkatkan kesadaran masyarakat, support system, pemberdayaan masyarakat dan keberlanjutan dibidang ekonomi kreatif. Peran yang dibangun menfokuskan pada penguatan vokasionalisasi yang utuh sehingga menjadi budaya yang mampu memberikan penghidupan kenangan wisatawan. (wid/far/ant)
 
.