Pelatihan Peningkatan Kemampuan Profesional Guru SMA dan SMK

Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (PPs UNY) mendapat kepercayaan untuk bekerjasama dengan Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P2TK) Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk melaksanakan pembimbingan teknis (bimtek) bagi Guru SMA dan SMK yang mengampu mata pelajaran yang diujikan secara nasional. Pembimbingan teknis tersebut berupa pelatihan peningkatan kemampuan profesional yang dibimbing oleh para dosen Universitas Negeri Yogyakarta. Pembinaan terhadap kompetensi atau kemampuan profesional guru selain ditujukan agar guru memiliki kompetensi yang sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP) juga dimaksudkan antara lain untuk mendorong motivasi, dedikasi, loyalitas dan profesionalisme guru, yang diharapkan akan berpengaruh positif pada kinerja dan prestasi kerjanya pada era globalisasi. Prestasi kerja tersebut akan terlihat dari kualitas lulusan satuan pendidikan sebagai SDM yang berkualitas, produktif, dan kompetitif.

Bimtek tersebut dilaksanakan dalam dua tahap. Bimtek pertama bagi guru-guru SMK dilaksanakan pada tanggal 4 - 6 Mei 2012 dan bimtek bagi guru-guru SMA dilaksanakan pada tanggal 11 - 13 Mei 2012. Sebanyak 26 SMA dan 27 SMK mengirimkan guru mata pelajaran yang diujikan secara nasional untuk mengikuti pelatihan tersebut. Jumlah keseluruhan peserta yaitu, 395 guru yang terdiri atas 260 guru SMA dan 135 guru SMK. Adapun dari aspek mata pelajaran yang diampu, peserta bimtek tersebut mencakup 79 guru Matematika, 106 guru Fisika, 106 guru Bahasa Indonesia, 52 guru Ekonomi, dan 52 guru Bahasa Inggris.

Materi yang diberikan dalam bimtek mencakup pre-test, pengkajian materi kebijakan pemerintah, pelatihan mata pelajaran, dan post-test dengan beban keseluruhan 30 (tiga puluh) jam pelajaran.  Selain itu, dalam pelaksanaan bimtek tersebut dilakukan Uji Kompetensi Awal (UKA) dari Direktorat P2TK Ditjen Dikmen Kemdikbud untuk kepentingan database kementerian. Keseluruhan peserta bimtek secara umum dapat mengikuti setiap materi bimtek. Diharapkan pemerintah dapat melaksanakan pengembangan keprofesionalan guru melalui kegiatan pelatihan semacam ini secara berkelanjutan. (Akademik-PPs)