Pelatihan Desain PPT Presentasi “PPT Apik, Presentasi Menarik”

Mendengar kata PPT atau Power Point sudah tidak asing lagi di telinga kita. Power Point merupakan sebuah program komputer yang digunakan oleh banyak kalangan sebagai medium presentasi. Pengguna aplikasi ini mulai dari guru dalam mengajar, manajer di perusahaan, pembicara di sebuah seminar, mahasiswa hingga pelajar. Sehingga penggunaan PPT bagi sebagian orang menjadi salah satu kebutuhan dalam penyampaian informasi atau bentuk presentasi kepada orang lain.

Melihat kebutuhan inilah, Keluarga Mahasiswa Pascasarjan (KMP) menghadirkan pelatihan Desain PPT Presentasi dengan tema “PPT Apik, Presentasi Menarik” melalui Zoom Meeting dan penanyangan live di kanal Youtube “kmp uny official”. Ariyanda sebagai ketua pelaksana menyampaikan dalam kata sambutannya bahwa Pelatihan Desain PPT bertujuan untuk mengupgrade kemampuan dalam membuat PPT presentasi yang selama ini sudah kita buat. “Kita semua sudah lama bisa membuat PPT akan tetapi dimasa pandemi ini PPT menjadi hal urgent terlihat dari pendaftar sebanyak 362 terdiri dari pembicara, mahasiswa, guru dan pelajar” tambah Ariyanda.

Selain itu, Pelatihan PPT Presentasi juga dimaksudkan untuk memfasilitasi mahasiswa khususnya mahasiswa Pascasarjana UNY dan umum dalam melaksanakan perkuliahan atau kegiatan secara daring. Kegiatan ini juga berangkai dengan Seminar Kesehatan yang dilaksanakan sebelumnya yang juga diapresiasi oleh antusias peserta. “Harapannya dengan mengikuti Pelatihan Desain PPT presentasi ini peserta bisa membuat PPT yang lebih menarik dan desain PPT lebih baik”. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua umum KMP UNY saudara Rudi Hermawan dalam sambutannya.

Kegiatan ini dibuka oleh Prof. Dr. Dimyati, M.Si selaku pendamping KMP. “Kegiatan ini dinilai cukup penting dimana ada nilai positif saat PPT preentasi ini dibuat menarik, sehingga dapat digunakan dalam pengembangan karir baik diperkuliahan, maupun dimasyarakat” ungkap Dimyati. Nur Anisyah Rachmaningtyas, M.Pd selaku narasumber Pelatihan Desain PPT Presentasi memaparkan materi tentang bentuk PPT yang baik dan yang tidak baik, teknis dan mekanisme dalam pembuatan PPT yang baik dan menarik, berbagi pengalaman dalam membuat PPT yang selama ini dibuat, dan juga mendemonstrasikan proses pembuatan PPT. Salain itu diakhir sesi narasumber juga memberikan tips dan trik dalam membuat desain PPT yang apik supaya presentasi menarik sesuai dengan tema yang diberikan. Pelatihan ini dilaksanakan selama lebih kurang 90 menit dan dipandu oleh moderator Choirul Amri, S.Pd. Gr.

Pelatihan ini mendapat apresiasi yang baik dari peserta terlihat dari hasil survei yang puas dan menilai pelatihan ini sangat bermanfaat. Selain bentuk pelatihan yang diberikan, KMP selaku panitia juga memberikan penugasan sebagai ouput kepada peserta Pelatihan Desain PPT Presentasi berupa pengiriman hasil desain PPT bertemakan “perkenalan diri secara singkat dan apik”. (KMP/ant)

.