PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN JASMANI ANAK USIA DINI BAGI GURU DAN SISWA TAMAN KANAK-KANAK DI DIY

Serangkaian kegiatan Pelatihan dan Pengembangan Jasmani Anak Usia Dini Bagi Guru dan Siswa Taman Kanak-kanak Se- Daerah Istimewa Yogyakarta diselenggarakan oleh Prodi Ilmu Keolahragaan Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta dalam rangka Dies Natalis UNY Ke-48 (6 windu). Rangkaian kegiatan tersebut terdiri dari tiga (3) kegiatan, yaitu: (1) Pelatihan Pembelajaran Fisik/Motorik Anak Usia Dini Se-DIY, (2) Lomba Kreasi Permainan Aktivitas Jasmani Guru TK Se-DIY, dan (3) Lomba Aktivitas Jasmani Anak TK Se-DIY. Kegiatan-kegiatan tersebut diselenggarakan sebagai wujud kepedulian Prodi Ilmu Keolahragaan terhadap pengembangan olahraga dan aktivitas jasmani pada anak usia dini, yang memiliki posisi krusial dalam mendasari pertumbuhan dan perkembangan kemampuan dan keterampilan motorik anak untuk masa kehidupan berikutnya.

Kegiatan diawali dengan Pelatihan Pembelajaran Fisik/Motorik Anak Usia Dini Se-DIY yang diselenggarakan pada Sabtu (21/4) di gedung aula FIK UNY. Acara dibuka oleh Wakil Rektor II, Dr. Moch Alip. Pelatihan tersebut bertujuan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan guru/calon guru TK mengenai cara mendesain pembelajaran fisik/motorik yang benar dan sesuai dengan kaidah-kaidah yang ada serta cara mengatasi permasalahan-permasalahan yang ditemui dalam pembelajaran. Peserta pelatihan juga mendapatkan berbagai pengetahuan baru mengenai istilah-istilah dan inovasi terbaru dalam mengaplikasikan pembelajaran fisik/motorik pada anak usia dini. Karya tesis alumni terkait desain permainan aktivitas jasmani untuk anak TK juga didiseminasikan melalui pelatihan tersebut. Pelatihan yang diikuti oleh 250 peserta yang terdiri dari guru dan calon guru TK dari lima (5) kabupaten di DIY tersebut, menghadirkan 6 pemateri.  Prof. Dr. Sukadiyanto, M.Pd. membahas materi mengenai prinsip pembelajaran fisik/motorik pada anak usia dini dan cara aplikatif mendesain pembelajaran sesuai kurikulum 2010. Pemateri kedua yaitu, Fitria Dwi Andriyani, M.Or yang menjelaskan mengenai ranah perseptual motor, cara membuat program perceptual motor dan contoh permainan perseptual motor pada anak usia dini, serta Nuwuningsih, S.Pd. yang menyampaikan mengenai cara pengkondisian anak dalam kelas, khususnya materi fisik/motorik. Prof. Dr. Suharjana, M.Or. lebih menjelaskan mengenai cara aplikatif membentuk perilaku sehat dan aktif beraktivitas jasmani pada anak usia dini, dan Bapak Margono, M.Pd, dan Dr. Tomoliyus M.S membahas mengenai cara aplikatif membuat peralatan sederhana, murah dan menarik dalam menyiasati keterbatasan sarana dan prasarana, dengan memperhatikan kondisi geografis lingkungan sekitar sekolah. Salah satu hasil dari kegiatan ini yaitu bahwa tiap peserta pelatihan ditugaskan membuat dan mempraktekkan suatu kreasi permainan aktivitas jasmani untuk siswa TK berdasarkan teori dan pembahasan yang telah diberikan dalam pelatihan.

Kegiatan kedua dan ketiga, yaitu Lomba Kreasi Permainan Aktivitas Jasmani Guru TK Se-DIY dan Lomba Aktivitas Jasmani Anak TK Se-DIY diselenggarakan pada saat bersamaan pada Selasa (15/5) di Auditorium UNY yang dibuka oleh Rektor Universitas Negeri Yogyakarta, Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd. M.A. Lomba Kreasi Permainan Aktivitas Jasmani Guru TK Se-DIY diikuti oleh 15 guru TK dari lima Kabupaten di DIY. Peserta lomba merupakan peserta terpilih yang mewakili tiap kabupaten berdasarkan karya tugas mandiri pembuatan model permainan pasca pelatihan. Kegiatan tersebut bertujuan untuk memacu dan meningkatkan kreativitas para guru TK dalam mendesain model-model permainan aktivitas jasmani untuk pembelajaran fisik/motorik di TK. Model permainan dikembangkan sesuai dengan materi yang diperoleh sewaktu mengikuti pelatihan pembelajaran fisik/motorik. Karya permainan dari guru ditampilkan oleh guru bersama 10 anak didiknya. Total sejumlah 150 siswa TK turut berpartisipasi dalam lomba ini. Hasil dari lomba ini yaitu sebagai berikut: (1) Juara 1 diraih oleh TK ABA Al-Hikmah Bantul, (2) Juara 2 diraih oleh TK ABA Karanganyar Yogyakarta,  dan (3) Juara 3 diraih oleh TK ABA Karangasem Sleman. 

Lomba selanjutnya yaitu lomba Aktivitas Jasmani Anak TK Se-DIY yang diikuti oleh 150 siswa TK yang terbagi menjadi 15 tim dari lima Kabupaten di DIY. Lomba ini bertujuan untuk membudayakan aktivitas jasmani bagi anak usia dini serta meningkatkan minat dan rasa senang anak untuk melakukan aktivitas jasmani. Kegiatan diselenggarakan dalam bentuk pembuatan pos-pos permainan aktivitas jasmani yang akan dilakukan oleh tiap anak. Unsur penampilan anak yang dinilai yaitu unsur kecepatan dan keterampilan motorik. Pemenang dalam lomba ini yaitu: (1) Juara 1 diraih oleh TK ABA Dukuh 1 Gamping Sleman, (2) Juara 2 diraih oleh TK ABA Al Hikmah Bantul, dan (3) Juara 3 diraih oleh TK ABA Mirisewu Kulon Progo. Sementara Juara Harapan 1 diraih oleh TK ABA Karang Asem Sleman, Juara Harapan 2 diraih oleh TK PKK Puspitorini Kulon Progo, dan Juara Harapan 3 diraih oleh TK ABA Karanganyar Kota. Selain itu, Juara Pos 1 diraih TK ABA Karanganyar Kota, Juara Pos 2 diraih oleh TK Kusuma 1 Berbah Sleman,  Juara Pos 3 diraih oleh TK PKK 30 Argomulyo Sedayu, Juara Pos 4 diraih oleh TK Indriyasana Babadan Sleman, dan Juara Pos 5 diraih oleh TK ABA Dukuh 1 Gamping Sleman. (Fitria)