Pelantikan Keluarga Mahasiswa Pascasarjana (KMP) UNY

Keluarga Mahasiswa Pascasarjana (KMP) UNY merupakan lembaga eksekutif mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta yang berada di bawah naungan Asosiasi Alumni dan Mahasiswa Pascasarjana UNY atau lebih dikenal dengan AAM UNY yang diketuai oleh Dr. Aman, M.Pd. Pembentukan Keluarga Mahasiswa Pascasarjana ini didasari oleh Tri Dharma Perguruan Tinggi. Keanggotaan KMP UNY terdiri atas perwakilan mahasiswa S2 dan S3 setiap program studi. Organisasi ini resmi didirikan pada tanggal 3 Mei 2014 yang dikukuhkan oleh Prof. Dr. Zuhdan Kun Prasetyo, M.Ed. selaku Direktur Program Pascasarjana UNY.

Keluarga Mahasiswa Pascasarjana UNY diketuai oleh Fadli Rozaq, dengan visi dari KMP UNY yaitu “Terwujudnya Cendikiawan yang Bertaqwa, Mandiri, Profesional, dan Berprestasi Internasional” dan misi (1) Meningkatkan ketaqwaan, kemandirian dan intelektualitas mahasiswa, (2) Memberdayakan potensi, ide kreatif dan inovatif mahasiswa, (3) Memperjuangkan aspirasi mahasiswa (4) Membangun jaringan internal dan eksternal, serta (5) Berkontribusi nyata kepada masyarakat.

Pelantikan pengurus KMP UNY untuk masa kerja 2013/2014 dilaksanakan pada hari Sabtu, 12 Juli 2014 yang dihadiri oleh Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A. sebagai Rektor Universitas Negeri Yogyakarta, Direktur Program Pascasarjana, Ketua dari berbagai Program Studi, beserta jajaran civitas akademika yang ada di PPs UNY. Rektor Universitas Negeri Yogyakarta berharap dengan terbentuknya KMP UNY, dapat memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan Program Pascasarjana, baik secara akademik maupun non akademik dengan mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki oleh seluruh mahasiswa Pascasarjana seperti pelaksanaan seminar nasional secara bergantian oleh setiap program studi di setiap bulannya serta menjalin hubungan baik dengan himpunan Pascasarjana lainnya di seluruh Indonesia, khususnya di Kota Yogyakarta. Senada dengan hal tersebut, Direktur Program Pascasarjana UNY mengharapkan adanya perubahan nyata yang dapat diberikan oleh KMP bagi Program Pascasarjana.

Setelah acara pelantikan pengurus KMP selesai, dilanjutkan dengan Musyawarah kerja dari masing-masing bidang dan ditutup dengan buka puasa bersama untuk mempererat tali silaturahmi antar pengurus Keluarga Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam musyawarah kerja dibahas beberapa kegiatan besar yang akan dilakukan dalam waktu dekat berupa dialog dan seminar nasional terkait dengan isu-isu dunia pendidikan di Indonesia. (Ricka)