PEDULI MASYARAKAT GUNUNGKIDUL, UNY LAKUKAN BAKSOS

.

Dalam suasana prihatin karena wabah Covid-19, Universitas Negeri Yogyakarta tetap berkomitmen dekat dengan masyarakat. Wujud dari komitmen tersebut adalah dilakukannya bakti sosial. Sesuai himbauan dari pemerintah, bahwa dilarang untuk mengadakan pertemuan dengan melibatkan massa yang banyak, maka bakti sosial kali ini dikemas pembagian paket sembako sejumlah 525 paket, dengan cara tidak ada acara seremonial yang melibatkan banyak orang.

Hadir dalam acara baksos ini perwakilan dari UNY diantaranya Rektor, beberapa anggota rapim, dan pejabat struktural yang terkait, sedangkan dari Gunungkidul Kesra, Muspika Gedangsari, Kades Ngalang beserta jajarannya. Hadir juga anggota DPRD Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta untuk memonev kegiatan baksos ini.

Bakti sosial yang dilaksanakan di Desa Ngalang dan Desa Mertelu Kecamatan Gedangsari. pada hari Minggu (19/4) ini dalam rangka memperingati Dies Natalis ke 56 UNY. sebagai ajang untuk lebih bersyukur dan mendekatkan UNY kepada masyarakat khususnya masyarakat Gunungkidul. Dengan kegiatan ini semakin menumbuhkan kepedulian kita terhadap kesejahteraan warga apalagi di masa bencana nasional Covid-19. Penyerahan paket sembako diberikan kepada perwakilan dari Desa Ngalang dan Desa Mertelu masing-masing dua orang, selebihnya pembagian akan didistribusikan oleh masing-masing dusun berdasarkan data yang layak menerima bantuan tersebut. Dalam paket sembako juga diisi pula maskeruntuk mengedukasi warga masyarakat agar lebih waspada terhadap bahaya Covid-19.

Pada kesempatan tersebut Rektor UNY, Sutrisna Wibawa, menyampaikan “Rangkaian kegiatan Dies ke 56 UNY tahun 2020 yang melibatkan masyarakat Gunungkidul adalah bakti sosial yang sekarang dilaksanakan, penyebaran bibit ikan di telaga Jonge Semanu sebanyak sekitar 5 kuintal, dan sepeda gembira di sekitar kampus UNY Semanu Gunungkidul akan kita lihat lagi setelah Covid-19 ini reda”.

Kegiatan ini adalah sebagai wujud syukur UNY telah menapaki usia 56 tahun. Capaian UNY yang telah masuk 500 besar ASIA, yang semuanya dicapai dengan kerja keras oleh civitas akademika UNY. Mahasiswa UNY sekarang sekitar 30 ribu, dan mulai tahun ini UNY telah membuka pendidikan vokasi di kampus UNY Semanu Gunungkidul, pendaftaran mulai bulan Juni 2020 melalui online bekerja sama dengan SMK Negeri 1 Wonosari, seleksinya menggunakan CBT.

Lebih lanjut Sutrisna bernostalgia teringat masa KKN dulu di Desa Mertelu sekitar tahun 90 yang keadaannya sungguh berbeda.

Perwakilan dari wargamenyampaikan ucapan terima kasih dan mengharapkan kerjasama dengan UNY lebih ditingkatkan khususnya untuk penempatan KKN. Terakhir tentunya juga ikut mendoakan semoga UNY semakin berkembang dan maju. (Sud)