Paper Intensive Class II: Bahasa Karya Ilmiah

Sabtu, 22 November 2014 Keluarga Mahasiswa Pascasarjana (KMP) UNY kembali melanjutkan kelas intensif penulisan paper. Kelas kedua yang diselenggarakan di Aula lantai 3 Gedung Baru ini mengundang Prof. Dr. Suwarna Dwijanegara, M.Pd sebagai pemateri. Kelas dimulai pukul 13.15 WIB setelah sebelumnya peserta menikmati makan siang. Prof. Dr. Suwarna Dwijanegara, M.Pd merupakan guru besar UNY bidang Pendidikan Bahasa Jawa. Beberapa buku hasil karya beliau berkaitan tentang linguistik dan morfologi bahasa sehingga tidak perlu diragukan lagi kapasitas ilmu kebahasaannya.

Di awal pemaparan, beliau menjelaskan bahwa untuk mendapatkan gagasan, penulis perlu memiliki kepekaan masalah. Sifat peka ini dapat dilakukan dengan see when they look, imagine they see, think when they imagine, feel when they think, and symbol when they feel.

Kemudian Prof Suwarna memperlihatkan beberapa video yang menarik, dari video tersebut peserta diminta untuk menuliskan apa saja yang menjadi gagasan peserta. Metode pelatihan yang disampaikan oleh Prof. Suwarna menarik sehingga suasana kelas sangat antusias. Poin materi lain yang disampaikan mengenai kesalahan-kesalahan dalam penulisan karya ilmiah, pengembangan paragraf, gaya bahasa, dan pemilihan istilah yang tepat dalam karya tulis. (Agphin)