Pameran "Siji Matur"

Kegiatan Pameran “Siji Matur” ini merupakan salah satu proses akhir dalam rangkaian pemeran ide dan gagasan yang dilakukan oleh para mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni konsentrasi Rupa, Kriya, dan Musik dalam rangka Ujian Akhir Semester pada Matakuliah Laboratorium Pengembangan Pembelajaran Seni (Rupa/Kriya/Musik). Tema “Siji Matur” ini berasal dari kata “Nyawiji” sebagai unsur pertama dalam tema ini adalah untuk menggabungkan dan membaurkan berbagai esensi dalam seni menjadi satu (Siji) tanpa ada pembeda sedikitpun. Unsur kedua yakni “Mawutuh” memberikan sebuah keutuhan tanpa cacat di dalam masing-masing karya dan keseluruhan pameran.

Selain itu untuk mengutuhkan semua rasa dalam diri manusia (dalam hal ini ditujukan pada apresiator dan seniman) ketika pameran dilaksanakan. Unsur ketiga adalah “Pitutur”, memberikan esensi pendidikan yang harus ada dalam sebuah pilar edukasi, mengingat pameran ini dilatarbelakangi oleh mahasiswa seni yang berbasis Pendidikan.

Pembukaan Pameran “Siji Matur” diawali dengan menyanyikan lagi Indonesia Raya dan Hymne UNY, Persembahan mahasiswa Konsentrasi Musik “String Quartet” dan dilanjutkan dengan sambutan ketua pameran Cholis Mahardika, S.Pd., Ketua Program Studi Pendidikan Seni Prof. Trie Hartiti Retnowati, M.Pd. dan Direktur Parcasarjana UNY Prof. Dr. Marsigit, M. A.yang dilanjutkan dengan pemotongan pita sebagai tanda dibukanya acara pameran. Karya yang dipamerkan terdiri dari tiga macam, yaitu Karya Seni Rupa dan Kriya berupa produk dua dan tiga dimensi, serta Karya Seni Musik berupa Poster dan Video Media Pembelajaran dalam Seni Musik. Pameran yang bertemakan “Siji Matur” ini resmi dibuka pada hari Selasa, 7 Mei 2019 Pukul 10.30, bertempat di Gedung Unggul Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta. Pelaksanaan Pameran “Siji Matur” berlangsung hingga tanggal 9 Mei 2019 (chol/ant)

.