Orientasi Mahasiswa Baru Program Kerjasama P2TK Pendidikan Dasar dan Uncen Jayapura dengan PPs UNY

“Selamat datang kepada para mahasiswa baru dari Program Kerjasama P2TK Pendidikan Dasar dan Uncen Jayapura” itulah kalimat pembuka yang disampikan oleh Direktur PPs UNY, Prof. Dr. Zuhdan Kun Prasetyo, M.Ed. kepeda seluruh peserta orientasi pada hari Sabtu, 14 November 2015 di Hotel UNY. Kebanggaan dan rasa senang yang luar biasa beliau sampaikan karena dapat menerima mahasiswa kerjasama dan P2TK Pendidikan Dasar dan Uncen Jayapura. Hal ini adalah bentuk kepercayaan yang besar dari pemerintah dan masyarakat terhadap PPs UNY untuk dapat meningkatkan kualitas tenaga pendidik yang mengenyam pendidikan di PPs UNY. Peserta orientasi ini terdiri dari 60 peserta penerima beasiswa S-2 P2TK dan 11 mahasiswa program S-3 kerjasama dari Universitas Cendrawasih Jayapura.

Program beasiswa P2TK Pendidikan Dasar adalah program beasiswa yang diberikan oleh Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan  dan  Kebudayaan kepada guru-guru SD dan SMP yang berada di seluruh Indonesia yang memenuhi kriteria yang dipersyaratkan guna meningkatkan kualifikasi lebih lanjut melalui pendidikan strata  dua (S-2) pada program/sekolah  pascasarjana  perguruan  tinggi  Pemerintah  yang diberi mandat. Hal ini sesuai dengan UU Nomor  20  Tahun 2003  tentang  Sistem  Pendidikan Nasional, menyatakan bahwa visi pendidikan nasional adalah terwujudnya sistem pendidikan sebagai pranata sosial yang kuat dan berwibawa untuk memberdayakan  semua  warga  negara  Indonesia berkembang  menjadi manusia yang  berkualitas  sehingga  mampu  dan  proaktif  menjawab tantangan  zaman yang  selalu  berubah. Harapan akan hasil yang besar dari program beasiswa bagi guru P2TK adalah tenaga pendidik (guru) memiliki peningkatan wawasan pengetahuan dan keterampilan yang profesional yang dapat diandalkan dalam pengembangan mutu pendidikan di daerahnya.

Dalam orientasi ini, dihadiri pula oleh Bapak Wardan Suyanto, Ed.D. selaku Wakil Rektor I UNY yang secara resmi membuka acara Orientasi Mahasiswa Baru Program Kerjasama P2TK Pendidikan Dasar dan Uncen Jayapura. Beliau menyampaikan harapannya kepada seluruh peserta orientasi agar mahasiswa bersemangat dan bekerja keras dalam belajarnya walaupun di tempat tinggal yang baru jauh dari keluarga. Jarak yang jauh seharusnya menjadi pemacu agar mahasiswa menyelesaikan kuliah tepat pada waktunya. Pada kesempatan ini pula beliau juga menyampaikan pengalaman suka dukanya belajar di jauh dari keluarga.

Pada sesi berikutnya, mahasiswa diberikan paparan wawasan pengetahuan seputar administrasi umum di PPs UNY. Meliputi bidang akademik, keuangan, perpustakaan, layanan laboratorium PEP dan jurnal. Paparan seputar akademik disampaikan oleh Asisten Direktur I, Prof. Pardjono, Ph.D. yaitu mengenai visi, misi, sejarah PPs, struktur organisasi di PPs, pejabat mulai dari Direktur, Asdir, Kaprodi, Sekprodi hingga Staff yang ada di PPs UNY. Selain itu, disampaikan juga mengenai peraturan akademik  dan kendala kuliah yang mungkin dihadapi. Selesai paparan bidang akademik disusul bidang administrasi umum, keuangan dan kepegawaian yang disampaikan Asisten Direktur II, Prof. Dr. Muhyadi.

Wawasan seputar Perpustakaan disampaikan oleh Bp. Rahman Anto Wibowo, S.IP. selaku Koordinator Perpustakaan. Beliau menyampaikan tentang kondisi perpustakaan di PPs UNY, koleksi buku, koleksi jurnal, koleksi tesis-disertasi dan tata cara peminjaman buku di perpustakaan. Layanan Laboratorium PEP juga ditawarkan kepada peserta orientasi oleh Dr. Heri Retnowati selaku ketua laboratorium PEP. Di laboratorium PEP ini mahasiswa dapat mengakses jurnal baik nasional maupun internasional, dapat membaca-baca hasil penelitian bahkan berkonsultasi mengenai analisis data penelitian. Yang terakhir adalah wawasan Jurnal yang disampaikan oleh Bp. Ashadi, Ed.D. selaku Koordinator Jurnal. Jurnal adalah salah satu persyaratan penting bagi mahasiswa yang ingin menyelesaikan studi magisternya. Oleh karena itu, paparan mengenai jurnal sangatlah penting untuk diketahui peserta orientasi.

Di akhir sesi orientasi, mahasiswa diberikan arahan dan bimbingan serta pengenalan program studi termasuk kurikulum oleh masing-masing Ketua Program Studi terkait, yaitu Dr. Jailani (Prodi Pend. Matematika), Dr. Udik Budi Wibowo (Prodi Manajemen Pendidikan), Dr. Muhammad Nur Wangid (Prodi Pend. Dasar), Dr. Insih Wilujeng (Prodi Pendidikan IPA) dan Dr. Dwi Siswoyo (Prodi Ilmu Pendidikan S3).  (tina)