Orientasi Maba PPs UNY: Isu-isu Strategis Pendidikan dan Implikasinya bagi Penelitian

Seperti tahun sebelumnya, Program Pascasarjana mengadakan orientasi studi mahasiswa baru. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa hingga Rabu, 3-4 September 2013 yang bertempat di Auditorium Universitas Negeri Yogyakarta.

Acara diawali dengan sambutan dari Direktur PPs UNY. Dalam sambutannya, Prof. Dr. Zuhdan Kun Prasetyo, M.Ed. mengucapkan selamat atas keberhasilannya bergabung dalam civitas akademika PPs UNY. Beliau berharap mahasiswa bisa mendapatkan kepuasan selama studi di PPs UNY yaitu sesuai slogannya It’s more than just a degree. Selain itu, PPs berusaha meningkatkan kinerja pelayanan untuk mendukung penyelesaian studi mahasiswa. Diharapkan mampu lulus cepat dengan IPK yang maksimal sehingga stigma kuliah di PPs UNY sulit dan lama lulusnya akan hilang dengan sendirinya.

Selanjutnya Rektor UNY, Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A. berkesempatan memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi orientasi studi tersebut. Beliau bersyukur dan mengucapkan selamat karena mahasiswa bisa melanjutkan studinya. Diharapkan bisa lulus tepat waktu dengan kualitas yang baik. Selain itu, saat ini tantangan pendidikan semakin kompleks, sehingga diharapkan mahasiswa PPs punya slogan yang mampu mendukung studi mereka. Mahasiswa PPs wajib optimis, inisiatif, motivatif, konsisten, punya etika kerja keras, advokasi diri, dan tanggungjawab. Seorang mahasiswa harus mampu mengorganisir hidupnya, dan punya akses konektivitas dan networking yang luas.

Pada akhirnya untuk mendukung UNY menuju World Class University maka mutlak mahasiswa mampu berkomunikasi global dengan menguasai bahasa asing. Untuk menjadi mahasiswa yang sukses maka haruslah berwawasan global, moralitas yang baik dan jauh dari praktik plagiat.

Selanjutnya dalam orientasi ini pakar pendidikan UNY, Prof. Slamet PH., Ph.D. menyampaikan sebuah makalah dengan judul Isu-isu Strategis Pendidikan dan Implikasinya bagi Penelitian. Seorang ilmuwan dalam hal ini dosen harus memiliki berbagai wawasan. Tugas dan fungsi seorang dosen adalah mengembangkan berbagai kualitas yang ada untuk kesejahteraan dan kemajuan masyarakat. Selain itu, beliau menyampaikan berbagai isu-siu strategis sebagai inspirasi penelitian, juga implikasinya terhadap penelitian dan contoh tema-tema penelitian saat ini.   

Paparan dari Asisten Direktur I, Prof. Pardjono, Ph.D. yang banyak menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan akademik. Di antaranya mengenai visi, misi, sejarah PPs, struktur organisasi di PPs, pejabat mulai dari Direktur, Asdir, Kaprodi, Sekprodi hingga Staff yang ada di PPs UNY. Selain itu, disampaikan juga peraturan akademik, kendala kuliah yang dihadapi sehingga ditargetkan mahasiswa yang dapat lulus tepat waktu mencapai 60%.

Selesai paparan bidang akademik disusul bidang administrasi umum, keuangan dan kepegawaian. Asisten Direktur II, Prof. Dr. Muhyadi menyampaikan struktur organisasi PPs, sarana prasarana yang disediakan untuk kelancaran studi mahasiswa hingga berbagai beasiswa yang dapat diakses untuk kemudahan pembiayaan.

Di penghujung acara mahasiswa mendapatkan informasi tentang wawasan ICT, AAM (Asosiasi Alumni Mahasiswa) PPs dan wawasan perpustakaan UNY. Wawasan ICT UNY dipresentasikan oleh kaprodi S2 TP, Herman Dwi Surjono, Ph.D. Beliau mengemukakan bahwa UNY selalu mengikuti kemajuan teknologi informasi untuk mendukung pelaksanaan pendidikan di sini. Fasilitas ICT yang diberikan kepada mahasiswa antara lain: bandwidth 350 Mbps, hotspot area, email student UNY, blog, perangkat komputer yang uptodate mengikuti kemajuan teknologi. Dengan adanya ICT proses pembelajaran bisa lebih interaktif. Secara jelas beliau mengatakan bahwa ICT di UNY sudah siap mendukung kelancaran studi mahasiswa tinggal skill untuk mempergunakan secara maksimal fasilitas yang ada.

Dr. Samsul Hadi sebagai ketua AAM PPs UNY menyampaikan bahwa dulu kuliah di UNY terkenal dengan lulusnya sulit. Namun, saat ini dikenal lulusnya lebih mudah. Hal tersebut karena sedikit banyak didukung oleh AAM PPs UNY. Selain itu, organisasi ini bisa sebagai media sharing antar alumni, antar mahasiswa dan alumni. Dengan ini persaudaraan dan kerjasama tetap terjaga dengan baik.

Di akhir acara, tampil Kepala Perpustakaan UNY, Sukarjono, S.Sos. Perpustakaan mutlak diperlukan oleh sebuah lembaga pendidikan begitu juga dengan UNY. Perpustakaan UNY memberikan fasilitas yang dapat mendukung kelancaran studi mahasiswa. Dari sini terdapat fasilitas yang dikenal dengan pangkalan data yang meliputi buku baik tercetak maupun yang digital, DTS (Disertasi, Tesis, Skripsi), Art (Artikel), Lapen (Laporan Penelitian), dan berbagai jurnal yang menjadi langganan UNY baik nasional maupun internasional dan terakreditasi. Secara jelasnya perpustakaan siap membantu mahasiswa menyelesaikan studinya di UNY. (Rb)