Nurhening Yuniarti, Doktor Perdana Joint Degree UNY – TUD Dresden

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berhasil melahirkan doktor perdana program joint degree antara UNY dan TUD Dresden, Jerman. Nurhening Yuniarti, S.Pd., M.T. berhasil meraih gelar doktor pendidikan dalam bidang PTK dengan predikat Cumlaude.

Gelar doktor tersebut dapat diraih setelah dosen Pendidikan Teknik Elektro FT UNY ini mampu mempertahankan argumentasinya dalam ujian terbuka dan promosi doktor Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta. Ujian yang digelar pada hari Kamis, 8 September 2016 ini melibatkan 6 (enam) orang penguji, satu diantaranya merupakan dosen pembimbing dari TUD Dresden yaitu, Prof. Dr. paed. habil. Gisela Wiesner.

Nurhening menuliskan hasil penelitiannya dalam disertasi berjudul “Evaluasi Outcome sebagai Kondisi Utama dalam Peningkatan Kualitas Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan”. Dalam penelitiannya, diungkapkan akan pentingnya evaluasi outcome bagi peningkatan mutu pendidikan. “Apalagi jika dikaitkan pendidikan yang diselenggarakan di LPTK dimana di LPTK inilah guru-guru ini dipersiapkan. Perhatian terhadap outcome pendidikan ini menjadi bagian integral dari manajemen dan menghubungkan input, proses hingga manfaat yang dirasakan oleh penerima layanan, “tegas alumni S2 Teknik Elektro UGM ini.

Evaluasi outcome LPTK ini merupakan salah satu langkah ke arah perbaikan, dimana kegiatan evaluasi dapat memberikan banyak informasi untuk membantu perbaikan dan pengembangan bagi LPTK ke depan.

Selanjutnya , hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lulusan LPTK mampu mengajar mata pelajaran produktif dengan sangat baik  dengan penguasaan kompetensi yang baik. Selain itu, lulusan dapat menjalankan tugasnya di SMK dengan sangat baik. Kemampuan dalam menyelesaikan administrasi sekolah dan kontribusi terhadap pengembangan sekolah dalam kategori sangat baik, namun kreatifitas dan inovasi sebagian besar dalam kategori baik. Lulusan LPTK juga memiliki motivasi kerja dalam kategori sangat baik, namun pengembangan karir dan penghargaan kerja yang diterima sebagian besar berada dalam kategori baik. Kelebihan yang dimiliki oleh lulusan LPTK adalah penguasaan materi dan motivasi kerja.

Hasil evaluasi pada aspek-aspek yang berkaitan dengan outcome menunjukkan bahwa input LPTK pada aspek kurikulum dan tenaga pendidik sebagian besar berada dalam kategori sangat baik, namun aspek kualitas mahasiswa dan fasilitas masih perlu ditingkatkan. Proses pembelajaran di LPTK pada pembelajaran di kelas, praktik industri (PI) dan praktik pengalaman lapangan (PPL) semuanya semuanya dalam kategori sangat baik. Output LPTK menunjukkan rata-rata IPK berada pada rentang 3,01 sampai 3,25 dan masa studi antara 4,51 sampai dengan 5 tahun.

Prof. Soenarto, Ph.D. selaku promotor merasa sangat bangga terhadap keberhasilan yang dicapai mahasiswa bimbingannya. “Program Joint Degree antara UNY dan TUD Dresden Jerman dimulai pada tahun 2012. Pada angkatan pertama tersebut telah berhasil meloloskan tiga mahasiswa yang berhak mengenyam pendidikan di Jerman, “ungkap beliau. Harapannya, kerja sama ini dapat terus berlanjut dan memberikan sumbangsih bagi kemajuan pendidikan di Indonesia khususnya pada pendidikan vokasi. (Rubiman).