Metakognisi dan Tiga Tipe Pengetahuan

Prodi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP) PPs UNY kembali mengadakan PEP English Speaking Club pada Jumat, 11/10/2013, bertempat di Ruang 313. Pada kesempatan tersebut kaprodi PEP, Prof. Djemari Mardapi, Ph.D. berkesempatan menjadi presenter. Dalam paparannya, beliau menyampaikan isu terbaru dalam dunia pendidikan yang berjudul “Metacognition and Three Types of Knowledge”.

Kemampuan metakognisi memiliki hubungan dengan pengetahuan. Dalam dunia pendidikan, untuk meningkatkan kemampuan metakognitif,  peserta didik perlu memiliki, menyadari, dan memahami tiga jenis pengetahuan isi. Ketiga jenis penetahuan itu adalah pengetahuan deklaratif (declarative knowledge), pengetahuan prosedural (procedural knowledge), dan pengetahuan kondisional (conditional knowledge).

Pengetahuan deklaratif adalah informasi faktual yang diketahui oleh seseorang. Pengetahuan ini dapat diungkapkan baik dengan lisan maupun tulisan. Contoh dari pengetahuan ini misalnya adalah seorang peserta didik mengetahui bahwa formula untuk menghitung momentum dalam mata pelajaran fisika. Formula momentum adalah massa dikalikan dengan kecepatan.

Pengetahuan prosedural adalah pengetahuan bagaimana seseorang melakukan sesuatu, pengetahuan bagaimana performans seseorang dalam menjalankan langkah-langkah dalam suatu proses. Contoh dari pengetahuan ini adalah seorang peserta didik mengetahui masa suatu benda, kecepatannya, dan bagaimana prosedur menentukan momentum benda tersebut.

Pengetahuan kondisional adalah pengetahuan terkait kapan suatu prosedur, skill atau strategi itu digunakan dan kapan tidak digunakan, pada kondisi apa suatu prosedur dapat digunakan, dan mengapa suatu prosedur lebih baik dari prosedur yang lain. Contoh dari pengetahuan ini misalnya identifikasi suatu kasus/ soal cerita yang mensyaratkan perhitungan momentum sebagai salah satu bagian dalam menentukan solusi penyelesaian. (Agt)