Meningkatkan Kualitas Prodi Psikologi melalui Visitasi BAN PT

Program Pascasarjana (PPs) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), sebagai salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia, semakin membuktikan keseriusannya dalam meningkatkan kualitasnya. Hal ini tercermin dengan divisitasinya program studi Magister (S2) Psikologi pada hari Selasa, 15 Desember 2015. Dalam kegiatan tersebut, BAN PT mengutus tim asesor yang kompeten dalam bidang Psikologi yaitu Prof. Dr. Mungin Eddy Wibowo, M.Pd.Kons. dan Dr. Dra. Nanik Prihartanti, M.Si.

Sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku di UNY, sebelum menjalankan tugasnya, kedua Asesor disambut dan dijamu terlebih dahulu oleh pimpinan UNY di ruang sidang RKU. Rektor UNY, Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A. memberikan sambutan selamat datang kepada kedua Asesor. Beliau didampingi para Wakil Rektor (WR), pimpinan PPs UNY, kaprodi S2 Psokologi, Kabag. Informasi, dan Penjaminan Mutu

Selama sehari penuh, tim asesor akan melakukan verifikasi dan diskusi dengan berbagai pihak terkait dan meninjau secara langsung sarana dan prasarana maupun kondisi lingkungan prodi Psikologi. Dalam visitasi tersebut, asesor menilai dari berbagai hal tentang sistem akademik, keuangan, fasilitas, kultur akademik dan lain sebagainya yang telah dituangkan dalam berkas Borang Prodi, Borang Institusi dan Evaluasi Diri yang dikirimkan apakah sudah tercermin dan memang tercipta di kegiatan akademik di PPs UNY.

Beberapa standar penilaian yang diperiksa oleh tim asesor, yaitu: Visi dan Misi, Mahasiswa dan Lulusan, Sumber Daya Manusia, Kurikulum, Pembelajaran, dan Suasana Akademik, Pembiayaan, Sarana dan Prasarana serta Sistem Informasi, dan Standar  Penelitian, Pelayanan, dan Pengabdian Masyarakat dan Kerja Sama.

Diskusi pertama dilakukan oleh tim Asesor yang ditanggapi oleh kaprodi Yulia Ayriza, Ph.D. Dalam pencermatan borang prodi ini, kaprodi didampingi oleh beberapa dosen seperti Dr. Dimyati, Endah Retnowati, Ph.D., Dr. Farida Agus S., Dr. Rita Ek Izzaty, dan Adi Cilik Pierewan, Ph.D.

Diskusi kedua sekaligus penilaian borang institusi ditanggapi secara santai dan serius oleh Direktur PPs UNY, Prof. Dr. Zuhdan K. Prasetyo, M.Ed., Prof. Pardjono, Ph.D. (Asdir I), Prof. Dr. Muhyadi (Asdir II), dan Dr. Teguh Setiawan, M.Hum.

Seusai melakukan disksusi, didapatkan informasi dari pengelola prodi, selanjutnya tim asesor menuangkan hasil penilaian ke dalam berita acara. Oleh kedua pihak, baik dari tim asesor maupun PPs UNY mencermati hasil penilaian tersebut. Setelah dirasa sudah sesuai dengan realita kondisi yang ada, berita acara visitasi dan hasil penilaian bisa ditandatangani.

Melalui visitasi ini, pengelola prodi juga mendapatkan berbagai ilmu baru yang didapatkan dari asesor dalam peningkatan kualitas prodi, dengan begitu, Universitas Negeri Yogyakarta, khususnya prodi S2 Psikologi akan semakin mampu menjawab berbagai kebutuhan masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta pada khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Dengan pelaksanaan visitasi akreditasi prodi ini, diharapkan memperoleh status yang terbaik sebagai sebuah prodi yang baru berjalan 2 tahun, yang belum memiliki lulusan ini. Selanjutnya penandatanganan Berita Acara Visitasi dilakukan oleh kaprodi, dirapatkan dan dibawa ke BAN PT untuk penetapan nilai akreditasi yang tepat dan layak untuk prodi Psikologi, untuk jangka 5 tahun ke depan. (Rubiman)