Meningkatkan Human Relation antar Pegawai Melalui Outbond

Untuk menambah kekompakan, semangat kerja, serta untuk melepas lelah sejenak dari beban pekerjaan, Program Pascasarjana/PPs UNY, pada hari Sabtu, 3 Januari 2015 mengadakan outbond bagi para karyawannya. Kecamatan Turi, Sleman yang notabene merupakan produsen salak pondoh di Jogja menjadi pilihan lokasinya. Tepatnya di Wisata Desa “Sendang Kumitir”  menjadi lokasi outbond kali ini.

Kegiatan yang diberi nama Pelatihan Human Relation dan Peningkatan Kemampuan Kerja Kelompok Pegawai ini diikuti oleh 43 peserta dari semua divisi kerja yang ada di PPs UNY. Mulai dari Direktur, Asdir, Sekretaris, Bag. Jurnal, Humas & Kerjasama, Akademik, Keuangan, Umper, dan Perpustakaan.

Setelah menempuh perjalanan panjang dari rumah masing-masing akhirnya peserta dapat mencapai lokasi dengan selamat. Setelah asyik bercanda ria penuh keakraban dan kehangatan antara keluarga karyawan yang satu dengan yang lain, tepat  jam 09.00 acara dibuka secara resmi oleh Asdir II PPs UNY, Prof. Dr. Muhyadi. Selanjutnya oleh Tim Trainer peserta diajak bermain dengan senang hati.

Outbond yang dilaksanakan di Pemancingan Sendang Kumitir ini dimulai dengan pemanasan melalui senam ringan. Selanjutnya peserta diajak mengikuti permainan mulai dari permainan yang melatih konsentrasi, fokus pikiran, berlatih berpikir cepat dan tepat, berlatih menyeimbangkan kerja otak kanan dan kiri, hingga permainan yang mengutamakan kerjasama tim.

Dari beberapa permainan itu terlihat keakraban dari tiap peserta. Tidak ada kesenjangan dan jarak dari masing masing peserta, semua membaur jadi satu. Tidak canggung seorang karyawan bagian Umper mengoleskan tepung ke wajah Pimpinan PPs untuk memberi hukuman karena kesalahan dalam permainannya.

Setelah rangkaian beberapa permainan tersebut selesai, peserta diajak mengikuti Susur Sungai yang masih alami nan asri. Perjalanan menyusuri sungai ini juga diwarnai dengan sikap saling membantu satu sama lain. Ketika melewati lintasan yang menanjak peserta saling membantu agar mampu melewatinya. Sembari melepas lelah, peserta tidak lupa untuk mengabadikan momen tersebut dengan berselfie ria, berfoto bersama. Akhirnya kegiatan susur sungai telah selesai. Semua peserta kembali ke Pemancingan untuk menikmati sajian makan siang.

Pada kesempatan yang sama, juga diadakan perpisahan dan pemberian kenang-kenangan bagi Wakidi, S.Pd. dan Hartono yang mutasi ke bagian Akademik UNY dan LPPM. Direktur PPs, Prof. Dr. Zuhdan K. Prasetyo, M.Ed. mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan pengabdian beliau berdua selama puluhan tahun di PPs. “Semoga di tempat baru bisa mengembangkan karir dan semakin berprestasi”, ujarnya.

Sementara itu, Pak Wakidi dan Pak Hartono merasa tersanjung dan mengucapkan terima kasih kepada pimpinan dan rekan kerja di PPs yang telah membersamai beliau berdua selama ini. Semoga keakraban, kekompakan dan silaturahim yang sudah terjalin selama ini bisa tetap langgeng pada masa-masa  yang akan datang. “Inginnya sesuai ungkapan jauh di mata dekat di hati. Walaupun beda tempat kerja tetapi silaturahim tetap terjaga”, tutup Pak Wakidi. (Rb)