MENGULANG SUKSES, KMP UNY GELAR PAPER INTENSIVE CLASS 2

Bidang Riset dan Pengabdian (RnP) Keluarga Mahasiswa Pascasarjana (KMP) kembali menyelenggarakan kegiatan Paper Intensive Class 2 sebagai penutup serangkaian kegiatan yang telah diselenggarakan sebelumnya dengan tema pokok penelitian. Kegiatan yang bertema “Instrumen Penelitian: Membidik Keterampilan Abad 21” ini diberi nama Paper Intensive Class 2 yang dilaksanakan pada hari sabtu 7 November 2015 dan bertempat di Aula Pascasarjana lantai 3 Gedung Baru. Kegiatan yang dimulai pukul 07.30 - 15.00 WIB.

Kegiatan ini mendatangkan dua pembicara pakar bidang penelitian, yaitu Prof. Djemari Mardapi, Ph.D yang merupakan Kaprodi PEP Pascasarjana UNY yang sekaligus merangkap sebagai Anggota BSNP dan penulis buku Evaluasi Program Pembelajaran: Pengukuran, Penilaian dan Evaluasi Pendidikan, dan Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes. Serta   Dr. Edi Istiyono, M.Si. yang  merupakan dosen profesional FMIPA yang sekaligus merangkap sebagai master trainer diklat calon pengawas dan kepala sekolah tingkat nasional serta assessor sertifikasi guru. Kedua pembicara tersebut adalah dosen profesional di lingkungan UNY. Kegiatan ini diikuti  oleh 150 peserta yang terdiri dari mahasiswa pascasarjana dari beberapa universitas di Yogyakarta.

Paper Intensive Class 2 menyajikan materi tentang penyusunan instrumen penelitian tes dan non tes, teknik penyusunan instrumen penelitian, validitas dan reliabilitas instrumen penelitian serta praktik penyusunan instrumen penelitian ini dibagi menjadi dua sesi ini. Pada sesi 1 materi yang diberikan meliputi penyusunan instrumen penelitian tes dan non tes, teknik penyusunan instrumen penelitian, serta validitas dan reliabilitas intrumen penelitian dengan pembicara Prof. Djemari Mardapi, Ph.D. Diakhir sesi ditutup dengan diskusi dan tanya jawab dengan seluruh peserta. Pada sesi 2, materi yang diberikan adalah praktik penyusunan instrumen penelitian dengan pembicara adalah Dr. Edi Istiyono, M.Si. Dalam sesi ini, seluruh peserta dibagi berdasarkan program agar memudahkan proses diskusi dalam menyusun instrumen. Diakhir sesi kedua ini, setiap kelompok diwajibkan memaparkan hasil diskusi yang telah didiskusikan dengan anggota kelompoknya. Para peserta terlihat sangat antusias dalam kegiatan ini.
Pada sesi pertama kegiatan seminar dimoderatori oleh Fikroturofiah Swandi Putri, S.Pd, mahasiswi Prodi Pendidikan Fisika adapun pada sesi kedua dimoderatori oleh Ratna Rosita Pangestika S.Pd, mahasiswi Prodi Pendidikan Ekonomi. Dari awal hingga akhir, suasana kegiatanpun menjadi hidup dan meriah sehingga memancing semangat peserta untuk aktif bertanya dalam kegiatan ini. seperti yang diungkapkan Ahmad Fadli ,“Saya beruntung dapat menjadi peserta Paper Intensive Class mengingat banyaknya antusian teman – teman yang lain untuk ikut namun kuota terbatas. Pada kegiatan ini saya juga berkesempatan bertanya lansung dengan pemateri dan menjadi tau cara menyusun instrumen penelitian yang valid dan reliabel”, ungkap mahasiswa Fisika Universitas Ahmad Dahlan. Kegiatan ini juga dimeriahkan oleh BSB Kustik dari UKM Seni Budaya UNY sehingga membuat acara semakin lebih meriah lagi dan menambah semangat peserta. (RnP KMP UNY).