Menghasilkan Doktor Kreatif melalui Program PMDSU

Pascasarjana UNY menyelenggarakan Workshop Program Beasiswa Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU). Program yang dilaksanakan sejak tahun 2013 oleh Kemenristekdikti ini merupakan salah satu terobosan untuk percepatan laju pendidikan doktor dalam rangka meningkatkan jumlah lulusan doktor sehingga memenuhi kualifikasi pendidikan dosen minimal S2. Melalui program ini, para sarjana unggul diharapkan dapat dididik/dibina menjadi Doktor dalam suasana akademik yang sehat di bawah bimbingan promotor yang cemerlang baik berdasarkan rekam jejak penelitian maupun pendidikan.

Acara yang diadakan secara daring ini dihadiri oleh Pimpinan dan beberapa Koorprodi S2 dan S3 PPs UNY. Menghadirkan Narasumber Dr.agr. Ir. Sri Peni Wastutiningsih dan Endang Sulastri, Ir., S.Pt., MA., Ph.D., IPM, dari UGM yang sudah melaksanakan Program ini sejak 2015. Program ini diharapkan dapat menjadi salah satu moda dalam pemberian beasiswa pendidikan pascasarjana dan pembiayaan penelitian pada program pendidikan pascasarjana di masa mendatang.

Peni dan Endang menekankan bahwa Kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan Doktor yang kreatif sehingga secara simultan menghasilkan lulusan bermutu tinggi dengan masa studi optimal meski masih terdapat kendala dalam pelaksanaannya. PMDSU diharapkan akan mempercepat laju penambahan tenaga dosen bergelar doktor untuk perguruan tinggi di Indonesia dan bisa segera diterapkan di UNY. (ant)

.