Mahasiswa S1 PLB Unlam Kunjungi S2 PLB PPs UNY

Sebanyak seratus dua puluh (120) rombongan S1 Pendidikan Luar Biasa (PLB) Universitas Lambung Mangkurat (Unlam), Kalimantan Selatan mengadakan kunjungan ke prodi S2 PLB Program Pascasarjana (PPs) Universitas Negeri Yogyakarta. Kunjungan ini merupakan rangkaian Praktik Kuliah Lapangan untuk memperkaya referensi dalam penyelesaian studi mahasiswa S1 PLB Unlam.

Rombongan yang dipimpin Imam Yuwono, M.Pd. tiba di PPs UNY pada Senin, 20 Maret 2017. Asdir II PPs UNY, Ibu Losina Purnastuti, Ph.D. didampingi kaprodi S2 PLB, Dr. Ishartiwi merasa terhormat atas kunjungan ini. Pimpinan rombongan, Imam Yuwono merupakan alumni S1 PLB UNY. Jadi kunjungan ini bisa dikatakan sebagai ajang reuni antara Pak Imam sebagai alumni PLB dan Bu Ishartiwi sebagai dosennya.

Pertemuan diawali dengan sambutan kulo nuwun dari Pak Imam sebagai pimpinan rombongan tamu. Sebagai alumni UNY, Pak Imam tahu betul seluk beluk tentang Yogyakarta yang sarat dengan banyak keistimewaan. “Yogyakarta merupakan miniatur Indonesia. Di sini kita bisa mempelajari banyak hal. Selain belajar ilmu umum di kampus, kita juga akan mendapatkan pengetahuan dalam berbagai bidang mulai dari adat, budaya, ekonomi, sosial yang bisa kita dapatkan dengan cuma-cuma dari Jogjakarta yang tetap istimewa, “ungkapnya.

“Dalam bidang pendidikan dan keguruan khususnya bidang pendidikan luar biasa, UNY merupakan gudang para pakar dan pemerhati bidang difable. Terbukti saya sendiri bisa menjadi seperti ini karena lahir dari kampus ini, “tambahnya.

Selanjutnya atas nama pimpinan PPs UNY oleh Bu Losina, menyambut baik kedatangan rombongan mahasiswa dari Unlam. Harapannya, dengan adanya kunjungan ini kedua belah pihak, UNY maupun Unlam bisa mengambil manfaat semaksimal mungkin. Kerjasama dalam berbagai bidang dapat terus digalakkan untuk membangun pendidikan di Indonesia khususnya dalam hal berkebutuhan khusus.

Sementara itu, Bu Ishartiwi sebagai kaprodi S2 PLB memberikan jamuan tentang visi misi prodi, dosen pengajar, kurikulum, dan kegiatan penunjang tri darma PT, serta kerjasama yang selama ini telah dijalin. Mahasiswa Unlam sangat antusias tidak mau melewatkan informasi yang diberikan dengan mengajukan pertanyaan berkaitan dengan kurikulum dan referensi perkuliahan di PLB UNY. Dari paparan ini mahasiswa Unlam bisa mendapatkan gambaran yang jelas tentang pendidikan luar biasa, sebagai bekal penyelesaian studi mereka di S1 PLB Unlam dan harapannya bisa melanjutkan studi S2 di PLB PPs UNY.

Setelah mendapatkan paparan berkaitan dengan prodi PLB, acara dilanjutkan dengan roadshow ke Museum Pendidikan Indonesia, untuk melihat secara dekat koleksi perkembangan pendidikan sejak jaman dahulu hingga sekarang. Selanjutnya kunjungan dan ditutup dengan melihat dan memperhatikan koleksi buku penunjang perkuliahan di Perpustakaan UNY. (Rubiman).
.