Mahasiswa KNB UNY Sabet Posisi Sekretaris IISA

International Student Summit (ISS) yang digagas oleh Direktorat Jenderal Kelembagaan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi kembali diselenggarakan selama 3 hari mulai 16-18 November 2015 dengan menunjuk Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) sebagai tuan rumah. Kegiatan the 4th International Student Summit kali ini diikuti oleh mahasiswa asing utusan perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di Indonesia berjumlah 100 mahasiswa yang berasal dari 40 negara. Tidak ketinggalan, UNY juga mengirimkan tiga mahasiswa asing dan 1 pendamping.

Kegiatan dengan agenda yang cukup padat ini dibuka oleh Rektor UMM, Prof. Dr. Muhadjir Effendy M.AP.  Dengan mengangkat tema “Permartabatan Bangsa Melalui Bahasa Indonesia di Era Global’” ini dimulai dengan agenda Presentasi 10 besar Lomba Video Promosi Indonesia, disusul dengan diskusi dalam forum Indonesia International Student Association (IISA) dan penetapan pengurus baru IISA 2015-2016 dan diakhiri dengan eksursi ke desa Wonokitri dan Bromo.

Sebelum pelaksanaan ISS di UMM Malang, serangkaian kegiatan telah dimulai dengan Lomba Video Promosi Indonesia. Dengan sistem voting melalui situs facebook ISS UMM Malang terpilihlah 10 besar Video Promosi Indonesia, diantaranya adalah video karya tim UNY yang berjudul “Sepenggal Cerita”. Selanjutnya pada hari pertama pelaksanaan ISS, yaitu pada tanggal 16 November 2015 kesepuluh tim tersebut mempresentasikan hasil karya mereka didepan tim juri yang meliputi Dr. Arif Budi Wurianto, M.Pd. dan Nasrullah, M.Si yang merupakan dosen UMM, serta Husnun Djuraid, M.Si. wartawan senior Malang Post. Aspek yang dinilai meliputi isi pesan dari sisi bahasa dan budaya, sinematografi, dan aspek publisitas. Meskipun tim UNY yang diwakili oleh Abdoulaye Fane,  Aliona Guschina, dan Dominique Savio Nsengiyumva belum berhasil menembus tiga besar, mereka tampil meyakinkan dengan dalam presentasi ini. Sementara itu, posisi pertama dari Lomba Video ini diraih oleh tim dari  Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) dengan Tiga Lidah Tiga Cerita, disusul oleh Universitas Ahmad Dahlan dengan video berjudul Jogja Sangat Istimewa, dan Universitas Atmajaya Yogyakarta (UAJY) dengan Aku Cinta Indonesia pada posisi ke 3.

Pada hari kedua, digelar Focus Group Discussion mengenai cara-cara mahasiswa asing mempromosikan Indonesia di negara mereka dilanjutkan dengan penentuan pengurus ISSA 2015-2016. Wakil UNY asal Burundi yaitu, Dominique Savio Nsengiyumva terpilih menjadi Sekretaris ISSA menggantikan Makan Sacko yang juga merupakan mahasiswa internasional UNY. Abdullah Kasor yang merupakan mahasiswa UMM Malang asal Thailand menggantikan Mona Boughalni mahasiswa Universitas Padjajaran asal Tunisia sebagai Presiden. Sementara posisi Wakil Presiden jatuh pada Hayder Al Hadey mahasiswa asal Sudan yang sedang belajar di Universitas Padjajaran. Wakil presiden sebelumnya dijabat oleh mahasiswa UMM asal Filipina bernama Nhelbourne K. Mohammad. (Ria C.)