MAHASISWA DOKTORAL PROGRAM STUDI ILMU PENDIDIKAN PROGRAM PASCASARJANA UNY TELITI BUDAYA REPRODUKSI MASYARAKAT ACEH

Angka kematian Ibu saat melahirkan masih menjadi agenda bagi banyak negara berkembang. Di Indonesia sendiri banyak faktor yang melatarbelakanginya, salah satunya adalah kesadaran yang rendah dari masyarakat dalam menjaga kesehatan kehamilan.

Dalam budaya Aceh sendiri, perempuan hamil harus menghormati berbagai ketentuan tertentu yang disebut dengan pantang. Keteledoran dan melanggar pantang diyakini berakibat buruk pada perempuan hamil maupun calon bayi.

Tuti Marjan Fuadi, mahasiswa yang meneliti topik ini sebagai disertasinya menjelaskan bahwa penelitiannya yang berjudul Budaya Reproduksi Masyarakat Aceh Dalam Perspektif Pemikiran Ki Hadjar Dewantara ini bertujuan antara lain untuk menggali budaya masyarakat Aceh dalam proses reproduksi, menganalisis budaya reproduksi masyarakat aceh dalam perspektif pemikiran Ki Hadjar Dewantara dan menganalisis mengapa budaya reproduksi masyarakat Aceh tersebut dapat mengalami tumbuh, kembang, pudar dan mati.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixmethod. Dalam penelitiannya ini Tuti menjadikan para Ibu, dukun bayi, okoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pendidikan dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) sebagai Subyeknya.

Hasil penelitian menunjukkan terdapat lima budaya selama kehamilan, empat budaya di masa melahirkan dan tujuh budaya di masa menyusui yang harus ditaati. Tuti berharap, penelitiannya ini dapat membawa banyak manfaat bagi masyarakat di Aceh khususnya dan Indonesia pada umumnya. (LCM).