Mahasiswa Binational dari Abai KNPU Kazakhstan dan Pascasarjana UNY Tuntaskan Studinya

.

Gulzhaina K. Kassymova Mahasiswa Binational program Ph.D antara Abai Kazakh National Pedagogical University (Kazakhstan) dan Universitas Negeri Yogyakarta periode 2017-2020 berhasil mempertahankan Disertasinya yang berjudul “Formation of Students' Cognitive Competence Based on the E-learning System”. Dr Nicole Flindt dari Pascasarjana Universitas Heidelberg menjadi reviewer internasional disertasinya berpendapat "Banyak hasil yang dia dapatkan terkait dengan 'kompetensi kognitif' dan pembelajaran. Dia menemukan bahwa 'e-learning harus menantang' dan 'teknik PBL sama pentingnya dengan pembelajaran otonom'. Hasil ini sangat bagus dijelaskan oleh para ilmuwan pendidikan di seluruh dunia, ungkap Flindt.

“Salah satu prospek menariknya untuk penelitian mengacu pada bagaimana universitas harus menerapkan e-learning: Banyak universitas di seluruh dunia telah menjadikan e-learning sebagai alat strategis dalam meningkatkan pengajaran, dari digitalisasi buku teks dan teks hingga pembuatan platform pembelajaran dan program multimedia yang dapat berinteraksi dengan siswa dan guru” tambah Gulzhaina lagi. Dengan demikian, sistem e-learning berfungsi sebagai alat perencanaan dan koordinasi untuk penggunaan yang efektif dan efisien dalam pembelajaran di universitas.

Gulzhaina menunjukkan bahwa untuk mencapai hasil yang positif dalam pengembangan kompetensi kognitif siswa, guru hendaknya tidak hanya menggunakan e-learning sebagai alat pengajaran yang murah dan sederhana yang memungkinkan untuk mengurangi upaya pembelajaran, tetapi juga harus diyakinkan untuk menggunakan kemampuan didaktiknya dalam pengembangan kognitif siswa. kemampuan. Ini paling mudah dicapai jika guru sendiri memahami bahwa mereka, seperti siswa, memiliki kompetensi kognitif dan juga sedang belajar, tidak hanya mengajar orang lain.

E-learning dianggap tidak hanya sebagai alat dan format pembelajaran lainnya, bersama dengan format dan alat lainnya tetapi juga sebagai alat pembelajaran yang produktif dan efektif dalam perkembangan otak secara keseluruhan dan aktivitas kognitif siswa, ucap Gulzhaina lagi.

Ujian Disertasi Online ini diketuai oleh Direktur PPs UNY, Prof. Dr. Suyanta, M.Si, di supervisi oleh Prof. Dr. Ospan S. Sangilbayev (Abai KNPU Kazakhstan), Prof. Dr. Aigerim N. Kosherbayeva (Abai KNPU Kazakhstan), dan Prof. Dr. Moch. Bruri Triyono, M.Pd. Pereview Internasional oleh Dr. Nicole Flindt dari Heidelberg University Germany, Dr. Arpentieva Mariam Ravilievna dari Socio-Economic Faculty, Omsk Humanitarian Academy, Russia, dengan penguji Prof. Dr. Kulsariyeva Aktolkyn Turlukhankyzy dari Abai KNPU Kazakhstan, Prof. Pardjono, Ph.D. dari UNY dan Prof. Dr. Putu Sudira. (gul/ant)