Lulusan PPs UNY Menjadi Unggulan di Tempat Berkarya

Senin (1/2/2016) hari pertama di bulan Februari 2016 menjadi momentum keberhasilan akademik mahasiswa PPs UNY. Pasalnya, sebanyak 80 mahasiswa jenjang magister resmi diyudisium. Pada yudisium perdana tahun 2016 ini, kelulusan terbanyak diperoleh Prodi Linguistik Terapan (22 mahasiswa), kedua, Pendidikan IPA (16 mahasiswa), dan ketiga Pendidikan IPS (10 mahasiswa).
Dari peserta sebanyak itu, terdapat 32 mahasiswa berpredikat cumlaude, salah satunya adalah mahasiswa KNB dari Thailand, Suaidee Orsantinutsakul dari prodi LT. Alumni Fatoni University Thailand ini selain mendapatkan gelar juga mampu berbahasa Inggris, Arab dan Indonesia dengan lancar. Selain itu, Etika Dyah Puspitasari (Pendidikan IPA) dinyatakan lulusan yang berhasil menggondol IPK tertinggi dan cumlaude. Mahasiswa asal Rongkop Gunungkidul ini menempuh masa studi 28 bulan dan raihan IPK 3,97.

Yudisium perdana di awal tahun 2016 ini menuai respon dan  apresiasi besar oleh jajaran pejabat PPs UNY: Direktur, Asdir, Kaprodi, Sekprodi hingga staf pegawai. Prof. Dr. Dr. Zuhdan K. Prasetyo, M.Ed., mengucapkan selamat atas keberhasilan mahasiswa menyelesaikan studi. “Kami berharap selama menempuh proses pendidikan di sini, anda mendapatkan kepuasan seperti yang kami harapkan”. “Kami merasa puas ketika anda tidak sekedar mendapatkan gelar M.Pd., M.Hum., M.Or. ataupun Dr., tetapi sebagai outcome PPs UNY yang dapat diandalkan/dipertanggungjawabkan sehingga bisa memberi impact yang luar biasa di masyarakat, sesuai dengan slogan It’s more than just a degree, ”tambahnya.

Lebih lanjut Direktur PPs UNY ini mengemukakan bahwa upaya mewujudkan kepuasan mahasiswa, telah didesign 4 pilar utama yaitu Networking, Continous Staff Development, Reducing Time Study, dan Improving GPA. “Empat pilar tersebut juga sebagai upaya mendukung Dikti dalam mengembangkan SDM melalui 6 isu-isu yang dihadapi PT antara lain Pemerataan, Relevansi, Kualitas, Pengembangan Karakter, Daya Saing dan Internasionalisasi. “Akhirnya kami berharap dengan sangat lulusan PPs UNY mampu menjadi unggulan di tempat berkarya, berdaya saing yang tinggi di era MEA sehingga menjadikan PPs UNY sebagai reference masyarakat sekitar, “tutupnya.

Pada yudisium kali ini, juga disampaikan 14 nama doktor yang masing-masing telah diyudisium secara resmi pada saat uan terbuka. Keempat belas doktor tersebut adalah 5 dari PEP, 2 dari PTK , dan 7 dari IP, 3 diantaranya diyudisium dengan predikat Cumlaude. Dr. Junus Simangunsong tampil sebagai lulusan terbaik dan tercepat dengan masa tempuh 40 bulan dan IPK 3,92. (Rubiman).