Literasi Kuat, Desa Hebat: Membangun Budaya Baca Masyarakat yang Berkelanjutan

Saat ini pada masa pandemi Covid-19 yang sedang melanda dunia dan bangsa Indonesia secara khusus telah membuat transformasi pada seluruh aspek kehidupan. Terlebih dalam bidang pendidikan, sosial, dan ekonomi. Setiap individu dituntut untuk melakukan perubahan dalam tatanan kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan aturan protokol kesehatan. Pada lingkungan pendidikan tinggi setiap aktifitas dilakukan secara online. Tentunya hal tersebut menjadi tantangan baru bagi civitas akademika dalam melaksanakan Tri  Dharma  peruruan  tinggi.  

Salah satunya adalah pengabdian masyarakat. Maka dari itu, KMP UNY berperan dan berkontribusi dalam mewujudkan tri dharma PT melalui bidang Pengabdian Masyarakat (PM) yang telah melaksanakan jejak pengabdian pada masyarakat melalui program Sahabat Desa (SADESA) yang dilakukan secara daring dalam bentuk kegiatan  webinar. Dimana kegiatan tersebut merupakan bagian dari kegiatan Gebyar Pascasajaran KMP UNY 2020. Tema dari kegiatan webinar sadesa ialah “Literasi Kuat, Desa Hebat: Membangun Budaya Baca Masyarakat yang Berkelanjutan”.  Tujuannya  secara  umum  untuk  meningkatkan  literasi  dan  membangun budaya baca masyarakat desa diera revolusi industri 4.0 serta pada masa pandemi covid-19 saat ini. Literasi memiliki peran yang sangat penting dalam mengatasi persoalan kehidupan sosial masyarakat. Terutama dalam mengatasi berita hoax yang terjadi di masyarakat.

Webinar Sadesa dilaksanakan pada hari Kamis, 19 November 2020 secara virtual dengan menggunkaan aplikasi Zoom dan siaran live Youtube. Kegiatan ini dimulai pada pukul 07.15 WIB dan berakhir pukul 10.00 WIB. Jumlah peserta yang hadir yaitu 237 orang dari berbagai daerah. Kegiatan ini dihadiri oleh Bapak Prof. Dr. Suyanta, M.Si selaku Direktur PPs UNY dan narasumber webinar yaitu Maman Suherman selaku pegiat literasi. Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia raya dan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan yang dilakukan oleh Ketua Pelaksana Gebyar (Carles Nyoman Wali S.Pd), Ketua KMP UNY 2020 (Rudi Hermawan, S.Pd), dan Direktur PPs UNY yang dilanjutkan dengan membuka kegiatan webinar Sadesa.

Selanjutnya, acara dipandu oleh moderator yaitu Aditya Dirgantara Nugraha, S.Pd selaku Kabid PM UNY. Materi yang disampaikan oleh Kang Maman terkait dengan pentingnya literasi bagi masyarakat. Kemudian, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab secara interaktif oleh peserta webinar. Dan kemudian dilanjutkan dengan hiburan (musikaslisasi puisi) yang dibacakan oleh Lina Dwi Puryanti, S.Sos serta kegiatan ditutup dengan pembacaan do’a (Mustaqim, S.Sos). Semoga kegiatan webinar sadesa ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat secara umum dalam meningkatkan literasi serta membangun budaya baca yang berkelanjutan. Terimakasih Kami ucapkan pada semua pihak yang telah ikut membantu sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik. (kmp/ant)