Lebih dari 60% Lulusan PPs UNY Berpredikat Cumlaude

Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (PPs UNY) kembali menyelenggarakan upacara yudisium bagi mahasiswa Magister dan Doktor pada hari Selasa tanggal 30 Juni 2015. Dalam kesempatan tersebut, PPs UNY berhasil meluluskan sebanyak 81 mahasiswa yang terdiri dari 79 Magister dan 2 Doktor. Dari seluruh peserta yudisium, lebih dari 60% mahasiswa tercatat sebagai lulusan berpredikat cumlaude.

Yudisium yang digelar pada bulan Juni tersebut sebenarnya merupakan kolaborasi dari dua periode yudisium yaitu bulan Mei dan Juni. Hal tersebut dikarenakan sedikitnya peserta pada bulan Mei sehingga upacara tidak diselenggarakan. Namun demikian, untuk menjaga kualitas lulusan dengan tolak ukur kecepatan masa studi, PPs UNY tetap meluluskan mahasiswa yang telah menyelesaikan studi yang dituangkan dalam bentuk Surat Keputusan Direktur Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta perihal Kelulusan. Oleh kerena itu, peserta yudisium pada Periode Juni jauh lebih banyak dibanding dengan peserta yudisium pada normalnya.

Pada upacara Yudisium periode Juni ada sedikit hal yang berbeda yang positif. Hal tersebut adalah penganugerahan sertifikat kepada lulusan terbaik dari masing-masing program studi. Penyerahan sertifikat dilakukan dua kali karena memang ada dua lulusan terbaik dari Program studi untuk masing-masing periode mengingat ada dua periode yudisium. Hal berbeda lainnya yang tak kalah menyenangkan adalah dalam kesempatan tersebut terdapat salah seorang peserta yudisium dari Program Studi Pendidikan Nonformal (PNf) yang mendapatkan berlipat kebahagian. Dr. Pujiyanti Fauziah sebagai Sekretaris Program Studi PNf yang berkesempatan membacakan nama-nama peserta yudisium menyampaikan bahwa “Alhamdulilah, hari ini dapat ijazah, dan kemarin baru saja dapat pekerja dan juga segera mendapat asiyah (istri)” ucapanya dengan dengan raut muka yang sumringah.

Suasana menjadi bertambah haru dan membanggakan ketika Andi Wibowo, M.Pd. dalam sambutannya sebagai wakil peserta yudisium secara lantang menyampaikan “Kami akan menjaga nama baik almamater, Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta dan kami siap untuk terjun mengabdi kepada masyarakata guna ikut meningkatkan pendidikan di Indonesia”. Dalam kesempatan tersebut, Andi Wibawa, M.Pd. juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh sivitas akademik PPs UNY yang telah meberikan pelayanan kepada seluruh mahasiswa sehingga proses studi berlangsung dengan baik. Akhirnya, Andi Wibawa, M.Pd. memohonkan maaf untuk mahasiswa kepada seluruh jajaran pimpinan, ketua dan sekretaris program studi, Dosen, serta karyawan PPs UNY apabila selama bergaul banyak hal yang kurang berkenan.

Bak gayung bersambut, Prof. Dr. Zuhdan Kun Prasetyo, M.Ed. dalam sambutannya sebagai Direktur PPs UNY pun merasa senang dan bangga jika lulusan PPs UNY siap untuk terjun di masayarakat. Dengan gaya yang khas, yang humoris, Direktur menutup upacara yudisum tersebut dengan suasana yang sangat ceria. Bulan puasa tak menghalangi tekad peserta yudisium untuk tetap bersemangat mengikuti acara sampai berakhir. Upacara yudisum diahkiri dengan jabat tangan segenap sivitas akademika dengan peserta yudisium. Tak lupa, untuk mengabadikan momen spesial di hari Ramadhan nan spesial, peserta yudisium melakukan sesi foto bersama dengan kaprodi dan sekprodi serta tak ketinggalan juga momen selfie untuk sekedar mengaktulaisasikan kebahagiaan mereka dalam media sosial.

PPs UNY mengucapkan selamat membuka lembaran baru kepada seluruh peserta yudisium. Ke depan, tantangan untuk ikut meningkatkan pendidikan di Indonesia akan semakin berat. Luapkan euphoria hari ini sebagai tanda kemenangan kalian telah menaklukan tantangan terberat selama kalian menempuh studi. Segera bersiap untuk hari esok, untuk berjuang dan mengabdi di masyarakat. Untuk kalian semua, Selamat Berjuang! (Rohmat Purwoko)