LATIHAN KEPEMIMPINAN BAGI MAHASISWA MAGANG KMP UNY

Dalam rangka menjamin proses regenerasi kepengurusan Keluarga Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (KMP UNY), Biro Kaderisasi Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) KMP UNY melounching program magang bagi mahasiswa baru PPS UNY angkatan 2015. Proses kaderisasi program magang merupakan alur kaderisasi untuk mencari dan menyiapkan calon pengurus KMP UNY 2016. Alur prosesnya dimulai dari publikasi informasi, pendaftaran dengan pengisian formulir online, pemagangan di bidang-bidang kepengurusan, wawancara dan penerimaan peserta magang menjadi calon pengurus KMP UNY 2016.

Peminat program magang KMP UNY dinilai tinggi, bahkan dari masa oprek selama 14 hari terdaftar sebanyak 141 peserta yang mendaftarkan dirinya untuk mengikuti program magang KMP UNY. Jumlah tersebut sebanding dengan 122,82 % dari total mahasiswa baru angkatan 2015. Hal tersebut berdasarkan pada data yang dihimpun oleh Biro Kaderisasi PSDM KMP UNY. Fakta tersebut menunjukan minat dari mahasiswa baru terbilang tinggi.

Sebagai tindak lanjut dari program magang, Biro Kaderisasi PSDM KMP UNY mengadakan kegiatan Family Gathering sekaligus pembukaan program magang KMP UNY yang dilaksanakan pada Sabtu, 03 Oktober 2015 bertempat diruang kuliah 300A & 300B  gedung lama Pascasarjana UNY. Dalam acara tersebut ketua pelaksana sekaligus Ketua Biro Kaderisasi PSDM KMP UNY Muhammad Zainudin, S.Pd mengungkapkan bahwa jumlah pendaftar program magang KMP UNY mencapai angka 141 mahasiswa dengan bidang paling banyak peminat adalah bidang Riset dan Pengabdian (R&P) KMP UNY, disusul bidang PSDM, KWU, Humas Media dan Kerohanian KMP UNY.

Dalam sambutannya Ketua KMP UNY Ence Surahman, S.Pd menyampaikan selamat kepada para peserta magang. “Atas nama pribadi dan SUPER TEAM organisasi KMP UNY 2015, saya sampaikan selamat datang, selamat bergabung dan selamat berkarya untuk peserta program magang KMP UNY, silakan eksplorasi semua isi dari rumah kedua kita ini, jaga dan tingkatkan yang baik-baiknya sekaligus perbaiki kekurangannya, insyaAllah melalui wadah KMP UNY kita dapat menikmati masa studi di Yogyakarta dengan penuh warna dan kaya akan pengalaman yang berbeda” ungkap mahasiswa prodi Teknologi Pendidikan asal Garut tersebut.

Hal senada disampaikan oleh Ketua Assosiasi Alumni dan Mahasiswa (AAM) sekaligus Pembina KMP UNY bapak Dr. Nuchron, M.Pd dalam sambutannya. “Kami sampaikan selamat kepada para peserta magang, dan terimakasih kepada para pengurus KMP UNY yang sudah menyiapkan kader penerusnya, semoga kader-kader baru ini semakin dapat memajukan eksistensi KMP UNY”, pungkas  dosen yang gemar bermain tenis tersebut.

Dalam acara family gathering dan latihan kepemimpinan tersebut, para peserta mendapatkan materi tentang rambu-rambu program kemahasiswaan pascasarjana UNY dari Dr. Nuchron, M.Pd, kemudian materi tentang tata nilai (basic value) KMP UNY dari pengurus inti KMP UNY dan selepas shalat dzuhur dilanjutkan dengan perkenalan dan pendalaman program kerja pada bidang yang dipilihnya masing-masing. (PSDM & Humed KMP UNY)