Kuliah Umum Prodi S2&S3 PTK Program Pascasarjana UNY

Senin, 18 Februari 2013 program studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan PPs UNY menghadirkan dosen tamu dalam kuliah umum bertajuk "GREEN SKILLS" dalam Pendidikan dan Pelatihan Vokasi yang bertempat di Ruang Sidang Rektorat UNY. Hadir sebagai pembicara Dr. Margarita Pavlova sebagai seorang senior lecturer pada School of Education and Professional Studies, senior research fellow pada UNESCO-UNEVOC International Centre Jerman, dan Research fellow pada Griffith Institute of Educational Research.

Pavlova menyampaikan betapa pentingnya peranan pendidikan dan pelatihan vokasi dalam proses pengembangan green skills tenaga kerja sebagai agent utama dalam pembangunan berkelanjutan. Untuk itu, diperlukan framework kurikulum yang dapat mendukung pengembangan green skills berdasarkan kebijakan lingkungan dan kebijakan pengembangan skill tenaga kerja.

Setiap negara memiliki kemampuan yang berbeda dalam memulai dan menggerakkan program pengembangan green skills. Ada tiga tantangan yang harus diperhatikan yaitu: (1) proses identifikasi penggerak utama perubahan-perubahan skill dan pekerjaan; (2) identifikasi komposisi green skills dan cara pemberian pelatihan; (3) pengembangan kerangka kerja dan kurikulum normative.

Kuliah umum ini diikuti oleh sekitar 75 orang mahasiswa S2 dan S3 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Mereka merasa sangat puas dengan kehadiran dan pemaparan Pavlova. (Putu S.)