KMP UNY DUETKAN PROF. DR. SUHARSIMI DAN PROF. DR. SUGIYONO DALAM WORKSHOP METODOLOGI PENELITIAN

Keluarga Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (KMP UNY) berhasil menduetkan dua pakar metodologi penelitian sekaligus penulis buku-buku best seller bertema metodologi penelitian yakni Prof. Dr. Suharsimi Arikunto, M.Pd. dan Prof. Dr. Sugiyono, M.Pd. dalam kegiatan Workshop Metodologi Penelitian yang diselenggarakan Sabtu, 22 Agustus 2015 bertempat di Aula Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Bidang Riset dan Pengabdian KMP UNY itu dilaksanakan selama tujuh jam yakni dari jam 08.00-15.00 WIB. Dihadiri oleh sebanyak kurang lebih 225 peserta dari berbagai kampus, tercatat ada peserta dari mahasiswa UGM, UNS, UNES, bahkan ada peserta yang datang dari Banyuwangi selain dari tuan rumah UNY.

Dalam sambutannya, ketua pelaksana Muhammad Alwan, S.Pd menyampaikan bahwa kegiatan Workshop Metodologi Penelitian dilatarbelakangi oleh kehausan mahasiswa program pascasarjana khususnya berkaitan dengan ruang diskusi ilmiah berkaitan dengan permasalahan penelitian, mengingat saat ini khususnya mahasiswa PPs UNY angkatan 2014 sedang fokus merampungkan naskah proposal tesisnya untuk diseminarkan semester tiga nanti pungkas mahasiswa program studi Teknologi Pendidikan asal Lombok tersebut.

Senada dengan pernyataan dari Ketua Keluarga Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta Ence Surahman, S,Pd dalam sambutan pembukaannya menyampaikan bahwa “kegiatan workshop metodologi penelitian ini pada dasarnya lahir dari pikiran solutif akan permasalahan yang dihadapi oleh kebanyakan mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta, selain itu kegiatan ini diharapkan menginspirasi kita sebagai generasi muda untuk mencontoh para pendahulu kita dengan berlatih menuliskan gagasan dan ide kita berupa buku sebagaimana produktifnya kedua pembicara kita hari ini, insya Allah hal itu akan menjadi bekal amal sholeh yang tidak akan diduga-duga kelak ketika hari penghisaban, selain itu kegiatan ini tidak lepas dari misi KMP UNY untuk terus membangun research culture di kalangan mahasiswa program pascasarjana UNY” ungkapnya sambil membuka acara secara resmi berhubung pimpinan pascasarjana pada saat yang bersamaan sedang ada rapat peraturan perkuliahan.

Para peserta yang mengikuti kegiatan dituntut untuk langsung melatih kemampuan membuat tulisan dalam bentuk artikel ilmiah maksimal 1000 kata yang dikumpulkan kepada panitia untuk dibuat proceeding dan akan ditayangkan dalam laman live journal KMP UNY yang akan ditampilkan dalam websitenya kmp.student.uny.ac.id. Selain itu kegiatan workshop metodologi penelitian akan dilanjutkan dengan kegiatan paper intensive class berupa perkumpulan para peneliti sesuai dengan pengelompokan yakni peminat penelitian kuantitatif, kualitatif dan pengembangan.

Peserta kegiatan terlihat antusias dari awal hingga akhir acara, bahkan ketika dibuka sesi diskusi semua peserta berebut kesempatan bertanya kepada kedua pembicara. Diskusi semakin hangat dengan pembawaan dari moderator Saudara Sulaeman Deni, S.Pd mahasiswa Pendidikan Teknologi dan Kejuruan PPs UNY angkatan 2013 yang sudah sering publikasi paper di berbagai forum ilmiah baik tingkat nasional maupun internasional. Selian itu disesi istirahat para peserta dimanjakan dengan diskon besar-besaran dari pameran buku yang difasilitasi oleh pengurus Bidang kewirausahaan KMP UNY. Kepuasannya tidak sampai disana, karena buku yang dibeli para peserta bisa langsung ditandatngani oleh penulisnya dan beberapa ada yang mendapatkan kesempatan berfoto bersama pembicara. (Humas Media KMP UNY)