KEMBANGKAN GREEN SCHOOL DI SMK WARJU SUKSES MERAIH GELAR DOKTOR

Warju, mahasiswa program doktor Program Pascasarjana UNY berhasil meraih gelar doktor dengan mengembangkan model Sekolah Hijau (green school) pada Program keahlian Teknik Otomotif di SMK.

Mahasiswa kelahiran Magetan 1981 ini terbukti sangat aktif melakukan penelitian dan memiliki beberapa publikasi internasional termasuk tiga buku yang telah terpublikasi antara lain Pengujian performa mesin kendaraan Bermotor, Teknologi Reduksi Emisi Gas Buang kendaraan bermotor dan Teknik Pembakaran dan Bahan Bakar.

Selain itu selama menyelesaikan program doktor di Program Studi Pendidikan Teknologi dan kejuruan, Warju meraih empat buah paten yang diperolehnya dari Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Republik Indonesia. Adapun salah satu paten tersebut yaitu, Knalpot sepeda motor ramah lingkungan Berteknologi Metallic Catalytic Converter berbahan dasar Plat tembaga berlapis Krom.

Warju berpendapat bahwa, salah satu usaha strategis untuk mengajarkan pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan adalah dengan mengimplementasikan program adiwiyata atau sekolah hijau (green school) melalui pendidikan formal. Ditemui sesaat setelah sidang terbuka doktoralnya, Warju menjelaskan bahwa penelitian disertasinya bertujuan untuk mengembangkan model green school yang tepat pada program keahlian Teknik Otomotif di SMK.

Dari 10 tahapan penelitian yang dilakukan, Warju menyimpulkan bahwa, ada tujuh langkah yang harus dilakukan sebuah SMK pada program keahlian teknik otomotif untuk mengembangkan model ideal green school, salah satunya adalah menyusun KLS (Kajian Lingkungan Sekolah). Kedepan Warju berharap dapat melanjutkan penelitiannya baik di dalam maupun di luar negeri. (LCM)