Keakraban Mahasiswa dan Dosen Prodi PEP

Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP) Program Pascasarjana UNY memiliki dua program studi, yakni program magister (S-2) PEP dam program Doktor (S-3) PEP. Pada tahun akademik 2015/2016 ini, Prodi PEP memiliki mahasiswa baru sebanyak 51 orang yang terdiri atas 36 mahasiswa PEP dan 15 mahasiswa S-3. Mahasiswa tersebut berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan ada juga yang berasal dari luar negeri.

Mahasiswa baru dengan berbagai latar belakang profesi dan kebudayaan merupakan suatu anugerah tersendiri bagi Prodi PEP. Artinya, Prodi ini dipercaya oleh banyak orang menjadi tempat untuk menimba ilmu khususnya terkait penelitian dan evaluasi pendidikan. Pada awal semester mereka belum saling kenal satu sama lain. Untuk itu pada pertengahan bulan September yang lalu Prodi PEP mengadakan sebuah kegiatan yang berjudul “Keakraban Mahasiswa dan Dosen Prodi PEP”.

Kegiatan keakraban mahasiswa dan dosen Prodi PEP bertujuan untuk menjalin tali silaturahmi, ramah tamah, dan ajang perkenalan antara dosen dengan mahasiswa maupun sesama mahasiswa, baik S-2 maupun S-3. Kegiatan yang berlangsung di Pantai Wedi Ombo Gunung Kidul ini diikuti oleh 84 peserta yang terdiri atas dosen, mahasiswa baru, mahasiswa lama, dan alumni. Rombongan para peserta sampai di lokasi pada pukul 10.00 WIB. Mereka duduk lesehan di pinggir pantai dengan beralaskan tikar. Angin pantai yang sejuk dan pemandangan yang indah sangat memanjakan para peserta.

Kegiatan tersebut diawali dengan sambutan dari Kaprodi PEP, Prof. Djemari Mardapi, Ph.D. Acara dilanjutkan dengan perkenalan antar peserta secara urut, baik dosen maupun mahasiswa. Dalam perkenalan itu dilakukan juga acara tukar kado silang. Para peserta diwajibkan untuk membawa kado silang yang berupa makanan atau snack ringan. Setelah itu, panitia memberikan waktu rehat untuk  istirahat, sholat, dan makan.

Setelah ishoma, kegiatan delanjutkan dengan game yang sudah disiapkan oleh panitia. Game tersebut diikuti oleh perwakilan setiap kelas dari masing-masing angkatan. Game tersebut dikonsep sesuai dengan bidang penelitian dan evaluasi pendidikan dan Prodi PEP. Para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini karena sangat menarik dan disiapkan hadiah oleh panitia. Sebelum kegiatan keakraban ditutup secara resmi, para peserta diberi kesempatan untuk menikmati indahnya pantai Wedi Ombo dan berfoto-foto di pantai. Setelah puas, para peserta dikumpulkan kembali dan acara ditutup dengan doa bersama yang dipimpin oleh Dr. Haryanto, MT. (Eka Ary)