A Guide to Getting Published

“Emerald Publishing adalah salah satu penerbit digital pertama terkemuka di dunia, yang menugaskan, mengkurasi, dan menampilkan penelitian yang dapat membuat perbedaan nyata”, buka Irwan Sukardi, Bussiness Manager Emerald Publishing Indonesia pada Webinar A Guide to Getting Published yang diadakan oleh Publikasi PPs UNY. “Saat ini kami bekerja dengan ribuan universitas dan sekolah bisnis di seluruh dunia untuk berbagi pengetahuan dan mengakomodir segala sesuatu mengenai publikasi yang mengarah pada perubahan positif” Tambah Irwan lagi.

Dalam sambutannya, Direktur PPs UNY, Prof. Dr. Suyanta. M.Si. mengemukakan bahwa Publikasi menyumbang peringkat Universitas. “Mahasiswa diwajibkan untuk bisa Publikasi di jurnal Terindeks, mahasiswa Pasca baik Magister atau Doktoral diharapkan bisa menggenjot penulisan jurnal. Gunakanlah pelatihan ini sebaik-baiknya dan tanyakan sebanyak-banyaknya terkait jurnal publikasi Internasional pada Narasumber yang sudah dihadirkan”, tambah Suyanta lagi.

Irwan menjelaskan bahwa ketika menulis jurnal, pilihkan topik yang cocok dengan jurnal anda. Carilah jurnal apa saja yang cocok dengan topik saya. “Jangan sampai salah kategori karena bisa membuat publikasi tertahan sampai berbulan-bulan”. Rata-rata memang problem bahasa menjadi kendala bagi kebanyakan mahasiswa di Indonesia. Adapun kendala yang paling umum ketika publikasi yaitu di reject. “Jangan pernah menyerah ketika di reject, karena semua pasti pernah merasakan minimal satu kali penolakan oleh pihak publisher” (ant)