Generasi Milenial Bangun Keluarga Bahagia

Minggu (29/11) Bimbingan pra nikah virtual merupakan program kerja mahasiswa PPL BK Pascasarjana UNY 2019 dengan mengusung tema “Generasi Milenial Bangun Keluarga Bahagia” yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat umum khususnya untuk remaja rentang usia 17-22 tahun bagaimana pentingnya merencanakan pernikahan dengan baik. Kegiatan yang diikuti oleh 65 orang dari berbagai instansi ini dilaksanakan dengan penyampaian materi oleh 3 narasumber dengan tema bahasan yang berbeda. Materi pertama membahas mengenai kesehatan reproduksi yang disampaikan oleh dr. Avionita Rahma selaku dokter di Puskesmas Kecamatan Gondokusuman. Melalui materi ini, harapannya remaja dapat lebih memperhatikan kesehatan reproduksinya dengan merawat dan aware tentang kesehatan reproduksi diri sendiri.

Materi kedua disampaikan oleh Sdri. Putri Inti Wijaya, S.Pd yang membahas mengenai kesiapan diri pada aspek pribadi. Pembahasan yang disampaikan mencakup problem solving dalam rumah tangga, kematangan emosi, kesiapan interpersonal, kesiapan usia, dan juga kesiapan mental bagi individu yang akan menikah.

Selanjutnya, materi terakhir disampaikan oleh ketua BP4 Kecamatan Gondokusuman yaitu Ibu Dra. Puji Karyawati dengan materi sehat finansial yang membahas tentang persiapan finansial menuju keluarga bahagia. Materi ini berisi tentang bagaimana mempersiapkan pengelolaan keuangan keluarga. Kegiatan ini dimoderatori oleh Sdri. Hani Nurrofifah, S.Pd dan pembawa acara oleh Sdri. Asfarina Mutiara, S.Pd, mahasiswa Bimbingan dan Konseling Pascasarjana UNY 2019.

Bimbingan pra nikah dibuka oleh Bapak Ghufron Su’udi, S.Ag selaku kepala KUA Kecamatan Gondokusuman dan dihadiri oleh Prof. Dr. Edi Purwanta, M.Pd selaku dosen pembimbing mahasiswa. Harapan yang disampaikan yaitu bagaimana generasi milenial dapat benar-benar mempersiapkan dengan matang, hal apa saja yang menunjang terwujudnya keluarga bahagia melalui materi yang disampaikan sehingga para remaja benar-benar siap dalam mempersiapkan pernikahan di masa yang akan datang. (fafa/ant)