Forum Diskusi Keluarga Mahasiswa PPS UNY

Sabtu (23/10) Pelaksanaan kegiatan Forum Diskusi, diinisiasi oleh Keluarga Mahasiswa Pascasarjana mengusung tema Meta Analisis: Coding dan Analisis. Kegiatan ini dilakukan secara daring dengan menggunakan platform zoom dan diikuti oleh 68 peserta. Forum diksusi ini dimulai pada Pukul 08.00 – 10.30 wib dan dibuka langsung oleh pendamping Keluarga Mahasiswa Pascasarjana Prof. Dr. Dimyati, M.Pd, dalam sambutannya beliau menyampaikan dukungannya atas pengadaan kegiatan seperti Forum Diskusi ini yang akan sangat membantu mahasiswa terutama dalam hal penelitian dan penulisan karya ilmiah.

Selanjutnya ketua pelaksana Rendi Indiwara, S.Pd menyebutkan bahwa tujuan KMP mengadakan forum diskusi ini adalah untuk memfasilitasi mahasiswa memperdalam pemahaman mengenai meta analisis “selain itu juga pemaparan materi oleh narasumber kita. Pada forum diskusi kali ini, kami harap akan lebih banyak diskusi mengenai meta analisis”. Ungkap Dimyati.

Pemateri pada kegiatan Forum Diskusi ini adalah Dr. Abdul Manaf, M. Pd yang merupakan alumni S3 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Selain berupa pemaparan materi mengenai meta analisis, pada kegiatan ini Abdul Manaf juga mendemonstrasikan cara coding dan juga interpretasi analisis data pada meta analisis. Dalam pemaparan materi mengenai meta analisis Dr. Abdul Manaf memfokuskan kepada meta analisis korelasi, secara singkat Abdul Manaf menjelaskan rumusan masalah, hipotesisi masalah, pengumpulan data atau artikel, hingga analisis datanya. Pembahasan mengenai meta analisis yang menarik ini, membuat peserta banyak aktif bertanya di sesi diskusi. (asr/ant)

.