EVALUASI VISI, MISI, DAN KURIKULUM PRODI PEP S2

Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP) S2 Program Pascasarjana (PPs) UNY mengadakan kegiatan Focused Group Discussion (FGD) untuk mengevaluasi visi, misi, dan kurikulum Prodi PEP S2. Kegiatan tersebut menghadirkan Pimpinan  PPs UNY, Pimpinan Prodi, dosen, pengguna lulusan, alumni, dan mahasiswa. Tujuan diadakannya kegiatan ini yaitu untuk menjaring masukan, saran, dan evaluasi untuk memperbaiki  visi, misi, dan kurikulum PEP S2.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kaprodi PEP S2, Prof. Djemari Mardapi, Ph.D. yang sekaligus memberikan sambutan dalam acara tersebut.  Dalam paparannya, Prof Djemari menyampaikan gambaran umum visi, misi, dan kurikulum PEP S2. Beliau menjelaskan bahwa kurikulum yang sekarang ini disesuaikan dengan KNKI dan ada tambahan  tiga mata kuliah baru. Mata kuliah tersebut yaitu mata kuliah bidang studi, penilaian kelas, dan penulisan karya ilmiah. Hal ini dimaksudkan agar lulusan yang dihasilkan dapat lebih kompeten dan memiliki basic ilmu yang linier dengan latar belakang pendidikannya.

Para peserta diberi angket  untuk mengevaluasi  dan memberikan saran terkait visi, misi, dan kurikulum PEP S2.  Pengguna lulusan seperti pimpinan LPMP, P4TK, dan atasan alumni  juga diberi angket untuk memberikan penilaian pada lulusan Prodi PEP S2.  Para peserta terlihat serius dalam mengisi angket tersebut.

Setelah pengisian angket selesai, kegiatan dilanjutkan dengan sesi diskusi untuk memberikan saran dan masukan secara lisan dari para peserta. Ibu Etyk, salah satu peserta FGD, beliau menyoroti bahwa dulu lulusan PEP dikatakan tidak linier dengan latar belakang pendidikan S1-nya. Namun sekarang beliau sangat setuju karena adanya penambahan mata kuliah bidang studi pada kurikulum yang baru. Hal ini dapat menjadi tambahan angka kredit apabila akan mengurus kenaikan pangkat.

Beberapa saran dan masukan dari peserta antara lain yaitu: (1) sebaiknya visi misi program S2 dan S3 dipisah karena kompetensi lulusannya berbeda, (2) harapannya praktek penelitian lebih banyak lagi agar ilmu yang didapatkan lebih bermakna, dan (3) sebaiknya pada kurikulum S2 ada konsentrasi metodologi penelitian agar selaras dengan kosentrasi pada program S3. Kegiatan ini berlangsung sangat interaktif dan harapannya hasil dari FGD ini dapat menjadi saran dan masukkan yang membangun untuk peningkatan kualitas Prodi PEP S2. (ekary)