English Speaking Club Prodi PEP

Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP) rutin mengadakan English Speaking Club (ESC) bagi dosen. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas dosen PEP dalam bahasa inggris. ESC rutin dilaksanakan seminggu sekali setiap hari Jumat pukul 07.30-08.30 WIB di Ruang 202 Gedung Lama Program Pascasarjana UNY. Pada setiap gelaran ESC, ada dosen yang bertugas sebagai narasumber dan kegiatan ini dimoderatori oleh Suhaini M. Saleh, M.A. Para dosen antusias dalam mengikuti kegiatan ESC ini dibuktikan dengan tingkat kehadiran yang tinggi.

Selama bulan Mei, ESC dilakukan sebanyak empat kali. Pada tanggal 8 Mei 2015 yang bertugas sebagai narasumber yaitu Dr. Harun dan Dr. Guntur. Ini merupakan kombinasi yang menarik karena kombinasi tua dan muda. Dr. Harun membawakan materi yang berjudul “The Development of Assessment Instrument of Early Childhood Development and Concentration based on The Model of Playing”. Sementara itu Dr. Guntur menyampaikan hasil disertasinya yang berjudul “Developing The Assessment of Learning Outcomes for The Student of Physical Education Sports and Helat in Volleyball Game for Senior High Schools”.

Pada hari Jumat, 15 Mei 2015 yang bertindak sebagai narasumber ESC adalah Dr. Heri Retnowati. Beliau menjadi narasumber tunggal dalam ECS kali ini. Dr. Heri membawakan materi yang berjudul “The Comparisons of Reliability Estimation on The Composite Score of Mathematics Test”. Beliau membandingkan estimasi reliabilitas skor tes matematika yang memiliki dimensi dan jumlah item yang berbeda. Kemudian pada tanggal 22 Mei 2015, Dr. Haryanto, M.Pd., M.T. dan Yulia Ayriza, Ph.D. berkesempatan menjadi nara sumber. Pada sesi pertama, Dr. Haryanto menyampaikan materi tentang Computerized Clasification Tests. Sementara itu Yulia Ayriza, Ph.D. menyampaikan materi tentang penilaian yang berjudul “Linking Assessment and Intervention Planning”.

Pada minggu terakhir Bulan Mei, tepatnya tanggal 29 Mei 2015, Dr. Suranto, M.Pd., M.Si. menjadi narasumber ESC. Beliau membawakan materi yang berjudul “Developing An Evaluation Instrument of Skill Competency Test in Vocational High Schools”. Materi Dr. Suranto ini merupakan hasil dari penelitian disertasi beliau. Penelitiannya mengembangkan instrumen untuk mengevaluasi pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). ESC kali ini menjadi penutup serangkaian kegiatan ESC pada bulan Mei 2015. (eka ary)